Breaking News

Perkuat Budaya Magrib Mengaji, HMI STKIP Bima Distribusikan Al Quran ke Pelosok

Siswa TPQ Foto Bersama Kade HMI Komsat STKIP Bima Usai Penyerahan Al Quran dan Iqra.

Kota Bima, Berita11.com— Selama ini masyarakat mungkin terbiasa mendengar bahwa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) biasa berdemo sebagai ciri khasnya mengawal kebijakan pemerintah. Namun di luar itu, para kader HMI juga memiliki kepedulian sosial khususnya menumbuhkan nilai-nilai keislaman.

Upaya itu yang tengah dirintis HMI Komisariat Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima dengan mendistribusikan Al Quran dan buku iqro ke sejumlah Taman Pendidikan Quran di sejumlah desa terpencil di Bima. HMI Komisariat STKIP Bima berharap dengan program tersebut dapat mewujudkan Gerakan Budaya Magrib Mengaji sebagai langkah awal membangun Bima dengan konsep Bima RAMAH.

Ketua HMI Komisariat STKIP Bima, Mansyur Maulana menjelaskan, distribusi pertama Al Quran dilaksanakan HMI Sekretariat STKIP Bima sejak Selasa (16/1/2018), sedangkan tahap kedua Jumat (26/1/2018).  

“Target kamiadalah dari 191 desa dari 18 kecamatan di Kabupaten Bima. Minimal bisa menanamkan nilai luhur religius masyarakat Bima akan kental nilai religiusnya,” ujarnya di Sekretariat HMI STKIP Bima, belum lama ini.

Sejumlah TPQ yang menjadi sasaran pembagian Al Quran dan buku iqra seperti TPQ Al Hasan, Al Bahri dan TPQ Nurul Yaqin di Desa Karampi Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima. Sasaran lain TPQ Al Mariam Desa Rupe, TPQ Al Ikhlas, As-Sadakah, dan  Al Anfal Desa Wilamaci Kecamatan Monta Kabupaten Bima.

Al quran dan iqro yang didistribusikan HMI Komisariat STKIP Bima bersumber dari Yayasan Talenta Indonesia Jakarta sebanyak 50 Al quran dan 10 iqro, yayasan yang dimiliki Ketua Presidium Majelis Nasional KAHMI. Sisanya merupakan bersumber dari Bagian Kesra Setda Kabupaten Bima,  sbanyak 20 Al quran dan 20 iqro.

Selain itu, 10 iqro bersumber dari Suaeb M.Pd, 10 Al quran bersumber dari Baznaz Kabupaten Bima, sumbangan HMI Cabang Gowa Raya sebanyak 6 Al quran.

Biaya pendukung kegiatan distribusi Al quran dan iqro berasal dari iuran kader HMI Komisariat STKIP STKIP Bima dan dukungan sebesar Rp200 ribu dari sejumlah senior HMI di Bima. (MR)

No comments