Breaking News

Punya Peran Strategis, Kader Posyandu Diharapkan Kalembo Ade

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri Menjabat Tangan Warga Ketika Berkunjung di Posyandu Desa Risa.

Bima, Berita11.com— Mengontrol kesehatan ibu dan anak serta menyuluh fungsi orang tua bukan tugas yang ringan. Semua itu telah lama dilakukan para kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Namun di tengah berbagai perannya itu para kader Posyandu belum memperoleh insentif yang memadai.

Hal itu diakui Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri (IDP) ketika meninjau pelayanan kesehatan anak di Posyandu Risa I Desa Risa Kecamatan Woha Kabupaten Bima, Kamis (18/1/2018).

“Kalembo ade (bersabar) karena  meskipun telah banyak  jasa  yang diberikan dalam membantu  mendidik anak tetapi  belum mendapatkan  insentif yang memadai. Berbanggalah menjadi kader karena anak-anak yang dilayani di Posyandu akan menjadi putra-putri yang sehat dan berguna,” kata Bupati IDP ketika bertatap muka dengan para kader Posyandu di Desa Risa.

Bupati IDP mengakui,  Posyandu merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan ibu dan anak khususnya untuk menekan angka kematian nol persen (0 %) sesuai target Pemerintah Provinsi NTB.

Program Pemrov NTB itu memerlukan dukungan tim penggerak PKK, tenaga medis dan para kader Posyandu. Dengan segala keterbatasan yang ada, kader Posyandu diharapkan terus bergerak untuk mengabdi.

“Tidak hanya menghadirkan Posyandu sebagai tempat pelayanan kesehatan, tetapi dalam jangka panjang, menyiapkan SDM yang akan mewarisi proses pembangunan yang saat ini tengah berjalan,” katanya dikutip Kasubag Informasi dan Pemberitaan Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Ruslan S.Sos.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, dr Ganis Kristianto melaporkan, Posyandu Risa 1 memiliki jumlah kunjungan tertinggi dengan 110 sasaran dan 10 anak kelas gizi.

Para bidan dan kader gizi juga telah bekerja maksimal menyiapkan pelayanan kesehatan. Hal itu juga dapat dilihat dari penurunan kematian yang semula berjumlah sembilan turun menjadi menjadi delapan ibu.

Ketika meninjau pelayanan kesehatan anak di Posyandu Risa I Desa Risa Kecamatan Woha Kabupaten Bima, Bupati IDP membagikan 110 paket makanan tambahan bayi.  Bupati IDP didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima Rostiati Dahlan dan pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima dr. Ganis Kristianto. (AN)

No comments