Breaking News

Sampah di Perbatasan Runggu-Cenggu tak Enak Dipandang, Baunya Menyengat

Kondisi Sampah Pinggir Ruas Jalan di Perbatasan Desa Cengggu dan Desa Runggu Kecamatan Belo. Foto ARIF.

Bima, Berita11.com— Pemandangan samping ruas jalan utama yang menghubungkan Desa Cenggu dan Desa Runggu Kecamatan Belo Kabupaten Bima berubah menjadi arena tempat pembuangan sampah (TPS). Kondisi itu sudah berlangsung lama dan kerap dikeluhkan pengendara yang melewati jalur itu.

Pantauan Berita11.com, sampah yang berserakan di pinggir ruas jalan semakin membusuk setelah bercampur dengan genangan hujan. Beberapa pengendara bahkan terlihat terpaksa menutup hidung ketika melewati lokasi tersebut.

Seorang pengendara, Muhammad Ismail mengatakan, bau tak sedap yang bersumber dari sampah di sekitar ruas jalan di perbatasan Desa Cenggu dan Desa Runggu Kecamatan Belo sangat menganggu pengendara.

Kondisi itu dikuatirkan akan menimbulkan penyakit. Terutama ketika musim hujan seperti saat ini. “Mestinya warga jangan membuang sampah seperti ini. Apalagi ini akses menunju pusat Kecamatan Woha. Jika terus dibiarkan begini akan mengakibatkan penyakit menular saat musim hujan,” katanya di lokasi.

Warga lainnya, Irwan mendesak pemerintah terkait segera mengatensi masalah sampah di perbatasan Desa Cenggu dan Runggu.

Menurutnya, harus ada upaya yang dilakukan pihak terkait untuk mengubah perilaku negatif masyarakat membuang sampah di pinggir ruas jalan. Karena bagaimanapun kondisi itu lantaran belum tersedianya tempat pembuangan akhir di sekitar lokasi.

“Seharusnya pemerintah desa dan Muspika melihat kondisi lingkungan saat ini. Janggan lihat sepele persolaan begini,” sorotnya.

Irwan mengatakan, kondisi sampah yang terserak di pinggir ruas jalan akan menganggu kebersihan lingkungan sekitar, termasuk mengancam kesehatan warga yang berada di pemukiman tak jauh dari lokasi tumpukan sampah itu.

 “Mestinya kita harus kordinasikan supaya tidak begini terus. Ini sumber penyakit yang  menular harus sama-sama kita menjaga lingkungan ini supaya aman dan nyaman,” katanya. (RF)

No comments