Breaking News

Sejumlah Rumah Rusak, Petani Jagung Terancam Gagal Panen

Kondisi Rumah Warga di Desa Bumi Pajo Kecamatan Donggo Setelah Diterpa Angin Kencang, Senin (29/12018). Ist

Bima, Berita11.com— Angin kencang yang melanda Bima, Kabupaten Dompu dan sejumlah wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Senin (29/1/2018) tak hanya menimbulkan korban jiwa warga yang tertimpa pohon. Puting beliung juga menyebabkan sejumlah rumah warga ambruk.
Informasi yang diperoleh Berita11.com, rumah panggung milik warga di Desa Bumi Pajo Kecamatan Donggo ambruk hingga rata dengan tanah. Angin puting beliung juga menghantam sejumlah rumah warga di Desa Kala dan bangunan sekolah.

Angin kencang yang puncaknya terjadi Senin siang juga menyebabkan beberapa pohon tumbang. Di Kota Bima, angin kencang juga menimbulkan pohon tumbang di kawasan Taman Ria hingga menimpa sejumlah pengendara sepeda motor. Salah satu di antaranya tewas setelah sempat dirawat di RSUD Bima.

Menurut Edy, warga Kecamatan Donggo Kabupaten Bima, angin kencang menyebabkan tanaman jagung milik petani di wilayah setempat rusak karena rata dengan tanah setelah diterpa angin kencang. “Banyak petani di sini yang gagal panen. Jangankan jagung pohon besar dan rumah warga saja hancur karena angin kencang,” katanya saat dihubungi melalui Ponsel, Senin (29/1/2018).

Dikatakan Edy, sebenarnya ratusan hektar tanaman jagung milik warga di Kecamatan Donggo tinggal menghitung pekan dapat dipanen. Namun rusak dan terancam gagal dipanen setelah diterpa angin kencang.

“Mungkin sudah nasib petani. Awalnya berharap dapat untung banyak saat panen sehingga dari awal sudah ramai-ramai menanam jagung, tetapi akhirnya begini,” katanya.

Tak hanya di Bima, angin kencang yang melanda sejumlah wilayah NTB juga menyebabkan rusaknya tanaman jagung milik petani seperti di Desa Saneo Kecamatan Woja rusak. Mimpi petani memanen hasil maksimal kandas setelah tanaman yang mereka semai sejak beberapa bulan lalu rusak diterpa badai.


Hingga kini belum diperoleh data lengkap dari BPBD Kabupaten Bima terkait jumlah kerusakan akibat angin kencang, Senin (29/1/2018). Sementara itu, Camat Donggo, 
Abubakar SE juga belum dapat memastikan total nilai kerusakan di wilayah setempat akibat angin kencang atau puting beliung. Namun ia memastikan dampak dari angin kencang sejumlah rumah warga dan bangunan rusak. (AN)

No comments