Breaking News

Sempat Naik hingga Rp40 Ribu, Harga Cabai Rawit Mulai Turun

Pedagang di Pasar Raya Amahami Kota Bima. Foot US Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com— Harga komoditi di Pasar Raya Amahami Kota Bima mulai turun. Salah satunya harga cabai rawit yang semula Rp40 ribu/kilogram turun menjadi Rp30 ribu/kg.  Komoditi lain yang turun yakni harga telur ayam broiler yang semula Rp50 ribu/ papan turun menjadi Rp47 ribu/ papan.

Sebelum melonjak hingga Rp40 ribu/kg, harga cabai rawit hanya Rp20 ribu/kg kemudian naik menjadi Rp30 ribu/kg ketika Desember 2017 lalu hingga kemudian menembus harga Rp40 ribu/kg. Sementara harga telur ayam broiler naik dari Rp40 ribu/papan, kemudian secara bertahap naik menjadi Rp45 ribu/papan sejak pekan kedua bulan Desember 2017 lalu. Sepekan kemudian naik menjadi Rp47 ribu hingga menembus Rp50 ribu/ papan. Komoditi lain yang juga “terjung bebas” yaitu harga tomat yang semula menembus Rp20 ribu/ kg, kini turun menjadi Rp12 ribu/kg.

Baca Juga:

Sementara itu, sejumlah komoditi yang masih stabil yaitu cabai keriting Rp40 ribu/kg setelah naik pada Desember 2017 lalu dari harga Rp20 ribu/kg. Demikian juga harga cabai merah masih bertahan dengan harga Rp30 ribu/ kg.

Harga bawang putih di Pasar Raya Amahami Kota Bima masih Rp20 ribu setelah sempat naik pada Desember 2017 lalu. Sementara harga bawang merah juga stabil Rp12 ribu/ kg. Harga beras super Rp10 ribu/kg. Harga gular pasir tanpa merek masih Rp13 ribu/ kg. Demikian juga harga minyak goreng merek Bimoli masih stabil Rp15 ribu, sedangkan harga minyak goreng curah Rp9000/ 600 ml.

Sejumlah komoditi yang juga masih stabil yaitu daging sapi Rp100 ribu/ kg, daging ayam broiler masih Rp45 ribu/kg

Pedagang Sembako di Pasar Raya Amahami Kota Bima, Siti Hawa, mengatakan naik maupun turunnya harga komoditi yang dijuang pedagang di pasar setempat bergantung ketersediaan barang.

Baca Juga:

Berbagai komoditi mulai turun setelah lancarnya lalu lintas transportasi antar-daerah. Sebelumnya harga komoditi di Kota Bima juga dipengaruhi kondisi cuaca dan ganguan lalu lintas transportasi akibat erupsi Gunung Agung di Bali.

Sementara itu, pedagang beras di Pasar Raya Amahami Kota Bima, Asma, hingga kini harga beras tertinggi masih berkisar Rp10 ribu/ kg meskipun ada rencana naik. Secara umum, stok beras di pasar juga masih stabil. Beras yang dijual dipasok dari para distributor di Kota Bima. Sebagian ada yang diantar langsung warga ke Pasar Raya Amahami. (NZ)

No comments