Breaking News

Stok Gabah Kurang, Harga Beras di Pasar Raya Dompu Diprediksi Naik

Pedagang Beras di Kompleks Pasar Bawah Dompu. Foto Syahrul Berita11.com

Dompu, Berita11.com— Harga sembilan bahan pokok (Sembako) di Pasar Raya Dompu naik terutama sayur dan telur. Pada tahun 2018, harga beras juga diprediksi Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi (Diskoperindag Tamben) Kabupaten Dompu naik menjadi Rp11 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp10 ribu/ kilogram.

Sejumlah komoditi yang naik yaitu telur ayam broiler naik dari Rp25 ribu/ kg menjadi Rp26 ribu/kg. Harga wortel naik dari Rp25/kg menjadi Rp30 ribu/kg. Harga kol naik dari Rp10 ribu/kg menjadi Rp15 ribu/kg, harga cabai merah naik dari Rp40 ribu/kg menjadi Rp50 ribu/kg. Selain itu, harga bawang merah juga naik dari Rp20 ribu/kg menjadi Rp25 ribu/kg.

Baca Juga:

Sejumlah pedagan sayur di Pasar Raya Dompu mengatakan, naiknya harga Sembako dipicu pergantian tahun belum lama ini dan kondisi cuaca yang mengganggu lalu lintas transportasi.

Sementara itu, pedagang di Pasar Bawah Dompu, Hj Gamar mengatakan, kenaikan harga komoditi bergantung penetapan oleh penyalur. Naiknya harga sejumlah komoditi berpengaruh terhadap tingkat pembeli. Semenjak harga sejumlah komoditi naik, jumlah pembeli juga berkurang.

Distributor beras, Toko Kembang Padi Pasar Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu, Lina mengatakan, saat ini harga beras masih stabil yakni Rp10 ribu/kg. Namun diprediksi dalam waktu tak lama lagi akan naik menjadi Rp11 ribu. Hal itu dipicu berkurangnya stok gabah di Kabupaten Dompu.

Tapi kemungkinan dalam waktu beberapa hari ini akan mengalami kenaikan harga beras mencapai Rp 11 Ribu perkilonya. Kenaikan ini dikarenakan karena kurangnya stok padi di Kab. Dompu akibat banyaknya petani yang menanam jagung.

“Saya biasanya membeli beras dari penyalur di Sila Kabupaten Bima dengan harga 
Rp9000/kg. Saya hanya menarik keuntungan Rp1000 setiap kilogram. Tapi sebentar lagi harga besar akan naik menjadi Rp11 ribu/ kg,” ujar Lina di Pasar Dompu, Senin (15/1/2018).

Baca Juga:

Secara terpisah Kepala Diskoperindag dan Tamben Kabupaten Dompu, Muhammad ST menyatakan, harga beras pada tahun 2018 di Kabupaten Dompu diprediksi naik. Informasi itu diperoleh dinas setempat dari sejumlah pembeli yang ke pasar.

Mengenai harga sayur dan sejumlah komoditi lain yang naik, menurut Muhammad hal itu mudah dipicu oleh pengaruh cuaca. Apalagi Kabupaten Dompu tak memiliki petani sayur, sehingga berbagai jenis sayur dipasok dari daerah lain seperti Mataram NTB. (RUL)

No comments