Breaking News

Tahun 2018, Dukungan untuk Pertanian dan Perkebunan di Dompu Melimpah

Kepala Distambun Kabupaten Dompu, Ir H Fakharurrozi. Foto Syahrul Berita11.com

Dompu,Berita11.com— Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distambun) Kabupaten Dompu menyiapkan berbagai program pada tahun 2018. Sejumlah program merupakan dukungan dari pemerintah pusat.

Kepala DistanbunKabupaten Dompu, Ir H Fakharurrozi menyebut sejumlah program di antaranya dukungan terhadap pengembangna komoditi jagung sebanyak 129.747 hektar, padi seluas 52.33 hektar dan kedelai sebanyak 22 ribu hektar.

“Pada tahun 2018 terjadi peningkatan atau penambahan dibandingkan tahun 2017 kemarin. Terutama jagung hampir 50 persen meningkat dibanding tahun 2017 yang hanya 80 persen dan sekarang menjadi 129,” katanya di Distambun, Selasa (23/1/2018).

Fakharurrozi mengatakan, selain dukungan pemerintah pusat, beberapa program tahun 2018 yang telah disusun juga didukung Pemerintah Provinsi NTB. “Banyaknya berbagai program ini adalah bukti begitu besarnya perhatian pusat dan propinsi terhadap Kabupaten Dompu,” katanya.

Menurutnya, besarnya perhatian pemerintah pusat karena melihat besarnya potensi pertanian di Kabupaten Dompu terutama komoditi jagung. Seluruh potensi lahan akan digarap maksimal untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

“Selama ini hanya tanaman pangan yang ada. Tapi sampai saat ini kami juga ada hortikultura sehingga untuk ke depanya pengembangan untuk tebu ada 1.000 yang dialokasikan di wilayah Pekat,” ujar Fakharurrozi.

Ia juga menyebut, arah pengembangan perkebunan yaitu tembakau seluas 15 hektar, peremajaan jambu mente  seluas 390 hektar. Sementara program hortikultura lain yaitu pengembangan tanaman pisang seluas 60 hektar, cabai besar dan kecil seluas 50 hektar serta komoditi bawang merah 25 hektar.

Secara umum, pengembangan komoditi di Kabupaten Dompu tersebar pada delapan kecamatan. Untuk ekstensifikasi lahan, Distambun akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB. (RUL)

No comments