Breaking News

Tiga Aplikasi Berbasis Layanan akan Diluncurkan saat Upacara HUT Dompu

Pelaksana Tugas Kepala Diskominfo Kabupaten Dompu, Abdul Syahid SH. Foto Syahrul 

Dompu, Berita11.com— Daerah yang hendak melaksanakan konsep smart city di Provinsi NTB tampaknya tak hanya Kota Bima. Kabupaten Dompu juga hendak meningkatkan pelayanan dengan memanfaatkan kemajuan akses informasi melalui teknologi berbasis internet.

Pada hari jadi Dompu, April 2018 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu akan meluncurkan tiga aplikasi berbasis layanan.

“Untuk kesiapan launching  tiga  aplikasi insya Allah akan dilakukan pada momentum peringatan hari jadi Dompu. Jadi kami saat ini sudah berhasil membuka beberapa aplikasi itu sampai dengan titik 70 hingga 80 persen, jadi sisanya tinggal sedikit,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dompu, Abdul Syahid SH kepada Berita11.com di dinas setempat, Rabu (24/1/2018).

Syahid menyebut, tiga aplikasi yang disiapkan Pemkab Dompu yakni berbasis layanan seperti untuk mengatur bantuan sosial,  perijinan online (daring) serta aplikasi elektronic government (e-gov) yang mendukung tentang kepegawaian seperti e-kinerja.

Tiga aplikasi yang disiapkan tersebut merupakan hasil kerjasama antara Pemkab Dompu dengan Kota Bandung yang telah dituangkan dalam nota kesepahaman. Sebelumnya, Memorandum of Understanding (MoU) itu telah ditandatangani Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin dan Wali Kota Bandung.

Menurut Syahid walaupun Diskominfo merupakan OPD yang baru terbentuk. Namun akan berupaya memaksimalkan keunggulan teknologi informasi (IT). Sistem pelayanan online yang dibangun pemerintah adalah upaya menyesuaikan trand dan gaya hidup masyarakat Dompu yang tidak ketinggalan memanfaatkan akses informasi seperti melalui platform Ponsel canggih atau gawai.

Pada sisi lain, Diskominfo Kabupaten Dompu juga telah menyiapkan pembanguan empat menara telekomunikasi pada empat titik yakni di Dusun Pancasila Desa Tambora, Doro Ncanga, sekitar Sawe.


“Lokasi-lokasi pembangunan ini sedang dalam tahap koordinasi terutama mengenai ganti lahan masyarakat masuk dalam lingkup pembangunan sarana,” kata Syahid. (RUL)

No comments