Breaking News

Warga Kilo belum Terima Negosiasi Pembebasan Lahan Pelabuhan Nusantara

Kabag Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Dompu, Yuhasmin. Foto Syahrul Berita11.com

Dompu, Berita11.com— Bagian Tata Pemerintahan (Tatapem) Setda Kabupaten Dompu mengakui, saat ini proses pembebasan lahan untuk pembangunan Pelabuhan Nusantara di Desa Mbuju Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu masih terkendala kesepakatan harga pembebasan tanah dengan masyarakat setempat.

“Sampai saat ini belum ada pemilik lahan kata sepakat atau tidak dengan harga itu. Mereka (pemilik lahan,Red) mengaku masih merundingkanya dengan para keluarga masing-masing,” kata  Kabag Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Dompu, H Yuhasmin Ismail, di Dompu, Rabu (24/1/2018).

Diakui Yuhasmin, pada proses pembebasan lahan untuk Pelabuhan Nusantara, Pemkab Dompu menawarkan harga dengan kisaran Rp1 juta hingga Rp2 juta per are.

Menurut Yuhasmin sesuai standar harga yang ditetapkan lembaga independen (Appraisal) kisaran nilai pembebasan lahan Rp1,6 juta hingga Rp2 juta per are. “Saat ini kami masih melakukan negoisasi dengan para pemilik lahan,” ujar Yuhasmin.

Dikatakannya, sebelumnya Pemkab Dompu telah berupaya melaksanakan sosialisasi untuk memudahkan proses pembebasan lahan.

“Kemarin dalam sosialisasi itu semua pemilik lahan hadir. Tapi sampai saat ini belum ada kesepakatan apakah mereka mau menerima dengan harga yang ditetapkan atau tidak,” ujarnya. (RUL) 

No comments