Breaking News

Bidik Warga tak Punya KTP, Disdukcapil akan Bahas Razia Yustisia dengan Polisi

Kepala Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil Kota Bima, Hj Mariamah SH. Foto US Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com— Bagi Anda yang belum memiliki kartu identitas kependudukan ada baiknya segera mengurusnya. Karena dalam waktu tak lama lagi Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil (Disdukcapil) akan berkoordinasi pihak kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja untuk melaksanakan operasi yustisia bagi warga yang tidak memiliki KTP.

Kepala Disdukcapil Kota Bima, Hj Mariamah SH mengakui organisasi perangkat daerah setempat tidak memiliki alatu untuk penegakan hukum seperti operasi yustisia. Karena kewenangan penindakan berada pada aparat kepolisian atau Satuan Polisi Pamong Praja. Namun meskipun demikian, Disdukcapil akan berkoordinasi dengan kedua institusi itu.

“Kita tidak punya alat untuk memaksa mereka. Tapi ada instansi terkait yang bisa melaksanakannya. Kita akan berkoordinasi,” ujar Hj Mariamah kepada Berita11.com di Disdukcapil, Rabu (21/2/2018) lalu.

Mariamah mengakui ada beberapa warga yang tinggal di Kota Bima enggan mengurus KTP atau mengikuti perekaman data kependudukan meskipun imbauan dan surat edaran yang ditandatangani oleh Wali Kota Bima berkaitan permintaan mobilisasi warga untuk perekaman KTP sudah dikirim kepada para lurah.

“Misalnya di Penatoi itu sudah diimbau oleh RT RW hingga lurah tapi ada yang nggak mempan. Kita tetap sosialisasi memberikan pencerahan,” kata mantan Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima ini.

Menurut Mariamah, umumnya warga yang bandel umumnya baru akan mengurus KTP, kartu keluarga setelah terdesak kebutuhan. Misalnya karena ada anaknya yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, melamar pekerjaan maupun untuk mengurus pinjaman. (US)

Baca Juga :

No comments