Breaking News

Dinas Perpustakaan Kabupaten Bima Siapkan Layanan Ekstra Sabtu-Minggu

Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima, Basyirun, S.Pd, M.Pd.

Bima, Berita11.com— Meskipun merupakan organisasi perangkat daerah (OPD) baru setelah naik tipe, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Bima memiliki sedugang inovasi untuk meningkatkan budaya literasi. Setelah inovasi layanan delivery order tahun 2017, dinas setempat menyiapkan layanan ekstra Sabtu-Minggu yang akan dimulai Sabtu (10/2/2018).

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima, Basyirun S.Pd, M.Pd menjelaskan, layanan ekstra bertujuan meningkatkan pelayanan literasi kepada masyarakat terutama bagi yang tidak sempat berkunjung ke perpustakaan pada hari-hari kerja.s selain itu, bertujuan meningkatkan jumlah pengunjung.

“Perpustakaan bisa jadi tempat rekreasi alternatif yang cerdas dan nyaman untuk keluarga. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Perpustakaan bahwa perpustakaan berfungsi sebagai pusat pendidikan, penelitian dan rekreasi,” kata Mantan Kepala Seksi Kurikulum Dinas Dikpora Kabupaten Bima ini.


Baca Juga:


Layanan ekstra Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima dibuka pada pukul 08.00-12.00 Wita pada Sabtu dan Minggu.  Tahun 2017 lalu, jumlah pengunjung di Perpustakaan Kabupaten Bima tercatat 3.200 orang dan pada tahun 2018 ini ditargetkan naik menjadi 5.500 orang.

“Mengapa Sabtu-Minggu? Bagi pegawai catau karyawan, Sabtu-Minggu adalah hari libur atau weekend. Mungkin mereka bosan menghabiskan weekend di pantai atau di gunung terus,” ujar Basyirun.

Menurut pria asli Lambu ini, layanan ekstra pada Sabtu dan Minggu juga dimanfaatkan oleh siswa dan guru untuk pengayaan dan mengerjakan tugas sekolah. Untuk mendukung layanan ekstra ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima telah menyiapkan fasilitas berupa wi-fi gratis dengan kecepatan tingi, laptop dan komputer untuk pengunjung.

“Laptop dan komputer untuk pengunjung yang digunakan untuk mengerjakan tugas dan main internet. Bagi yang hobi bahasa Inggris kami juga layanan pojok bahasa Inggris (english corner),” katanya.

Untuk mengefektifkan layanan ekstra, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah juga telah membuat pamflet yang disebar ke sejumlah kampus, sekolah, bank, kantor Bupati Bima dan sejumlah instansi.

“Saya berharap masyarakat bisa memanfaatkan hari libur dengan berkunjung dan bermain di perpustakaan, bila perlu datang bersama keluarga,” harapnya.

Tak hanya menyiapkan layanan ekstra dan berbagai fasilitas pendukung, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima juga siap memanjakan pengunjung dengan menyiapkan hadiah dalam bentuk perpus poin.

“Perpuspoin  bisa ditukarkan dengan hadiah hiburan. Kami juga menyiapkan tempat foto groupy dan memberikan hadiah bagi foto grup terbaik. So tungggu apalagi, ayo ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Bima,” ajak Basyirun. (SF)

No comments