Breaking News

Dishub: Konvoi Pendukung Paslon Berlebihan Rentan Picu Konflik di Jalan Raya

Kepala Dishub Kota Bima, Ir H Zulkifli. Foto Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com— Dinas Perhubungan Kota Bima telah memetakan titik-titik rawan kemacetan saat konvoi pendukung pasangan calon (Paslon) peserta Pilkada kota maupun Piglub NTB pada masa kampanye. Salah satu masalah yang rentan terjadi yakni ketegangan massa pendukung di jalan raya.

Kepala Dishub Kota Bima, Ir H Zulkifli menyatakan, salah satu titik kemacetan di antaranya di Jalan Gajah Mada Kota Bima. karena ruas jalan yang kecil tidak seimbang dengan mobilitas masyarakat ketika masa kampanye.

“Namun kami akan menyampaikan sejumlah pertimbangan ini saat rapat koordinasi dengan KPU maupun pihak kepolisian. Kami akan berupaya membuat rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan massa pada satu titik. Walaupun memang khusus di Jalan Gajah Mada ruas jalannya kecil,” ujar Zulkifli di Dishub, Kamis (15/2/2018) lalu.

Menurut mantan Kepala Dinas Kehutanan Kota Bima ini, permasalahan utama pengaturan lalu lintas ketika masa kampanye yaitu durasi kegiatan konvoi maupun kampanye setiap Paslon. Puncak kepadatan lalu lintas terjadi pada saat jam pulang kantor maupun pulang sekolah.

Pada sisi lain, jumlah personil Dishub Kota Bima hanya 50 orang. Jumlah tersebut masih kurang jika durasi konvoi dan kampanye Pilkada Kota Bima lebih padat. “Harapan kita KPU Kota Bima juga tidak melaksanakan rapat koordinasi menjelang hari pelaksanaan. Tetapi melaksanakan rapat jauh-jauh hari sehingga kami juga dapat menyiapkan langkah-langkah antisipasi,” harap Zulkifli. (US)

Baca Juga :

No comments