Breaking News

Dua Kepala Daerah di NTT Takjub dengan Hamparan Jagung di Dompu

Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin dan Rombongan Pemkab Manggarai Barat, Manggarai Timur Melihat Aktivitas di Lahan Pertanian Jagung di Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu, Selasa (13/2/2018).

Dompu, Berita11.com— Kesuksesan Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin mengembangkan sektor pertanian khususnya komoditi jagung di Bumi Nggahi Rawi Pahu tak hanya menyita perhatian pemerintah pusat, sejumlah daerah lain juga ingin mencuri ilmu dan kiat keberhasilan Kabupaten Dompu.

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat yang dipimpin langsung oleh wakil bupati setempat, Dr Maria Geong, Phd dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur yang dipimpin Bupati Drs Yosep Tote, M.Si melaksanakan kunjungan kerja sekaligus studi banding berkaitan pengembangan komoditi unggulan tanaman jagung di Dompu. selama dua hari 12-13 Februari 2018, kedua pemerintah daerah di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur tersebut mengintip kiat-kiat keberhasilan Dompu mengembangkan komoditi jagung pada sektor pertanian.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Dompu, Ardiansyah SE melalui siaran pers Pemerintah Kabupaten Dompu menjelaskan studi banding kedua Pemkab di wilayah NTT itu karena pertimbangan daeah itu memiliki lahan potensi untuk pengembangan komoditi jagung. 

Selain itu sebagai upaya mewujudkan Provinsi NTT sebagai lumbung jagung nasional yang didasari kerjasama antara pemerintah daerah itu dengann PRISMA, sebuah lembaga kerjasama Pemerintah Australia dan Indonesia yang fokus pada pengembangan pertanian kawasan Indonesia Timur.

Kiat yang hendak diadopsi berkaitan sistem budidaya, pengolahan, produksi, pasca-panen dan pemasaran hasil serta peningkatan yang signifikan pada aspek pendapatan masyarakat serta pengurangan tingkat kemiskinan maupun peningkatan daya beli.
Acara studi banding Pemerintah Kabuapten Manggarai Barat dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur dimulai acaa makan malam bersama sekaligus silaturahmi dengan Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin.
Selasa (13/2/2018), Bupati Dompu, Wakil Bupati Manggarai Barat dan Manggarai Timur bersama masyarakat serta jajaran Pemerintah Kabupaten Dompu melaksanakan kunjungan ke PT  Segar di Desa Teka Sire dan meninjau langsung lahan jagung di Desa Lanci Jaya Kecamatan Manggelewa.
Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin merespon positif studi banding kedua pemerintah daerah di wilayah NTT tersebut.
Selama kegiatan kunjungan ke sejumlah lokasi seperti pabrik pengolahan dan lahan pertanian jagung, Wakil Bupati Manggarai Barat dan Manggarai Timur takjub dengan keberhasilan Pemerintah Kabupaten Dompu yang mampu menggerakkan komoditi sebagai sektor unggulan bidang pertanian. Bahkan kepala daerah wakil kepala daerah tersebut mengisyaratkan tak akan pernah bosan berkunjung ke Kabupaten Dompu setelah melihat hamparan tanaman jagung yang luas di Kecamatan Manggelewa. (AD)



Baca Juga :

No comments