Breaking News

Panwaslu dan KPU Siap Lahir Bathin Hadapi Kemungkinan Gugatan Paslon

Deklarasi Kampanye Damai yang Ditandatangani Paslon dan Stake Holder. Foto Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com— Meskipun hingga kini tahapan demi tahapan Pilkada Kota Bima masih berlangsung aman dan lancar. Namun potensi munculnya sejumlah pihak yang tidak puas tetap ada. Termasuk para figur yang tidak puas maupun dari para Paslon dan tim sukses yang kecewa. Lalu bagaimana kesiapan penyelenggara Pemilu menghadapi itu?

Soal ini, Devisi Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima, Tamrin SH menyatakan pada prinspinya komisi setempat siap menghadapi segala kemungkinan resistensi selama Pilkada berlangsung, termasuk potensi gugatan dari mantan figur bakal calon maupun Paslon dan tim sukses.

“Kami siap, kalaupun ada gugatan. Tapi sejauh ini pasca penetapan calon tidak ada gugatan karena kalau digugat pasti kami dipanggil. Ini juga waktunya sudah lewat dari batas maksimal untuk menggugat kaitannya dengan penetapan calon,” ujar Tamrin, Senin (19/2/2018).

Mantan wartawan Harian Pagi Bima Ekspres (Bimeks) tahun 2007 ini juga menyatakan bahwa KPU Kota Bima belum menyiapkan pengecara khusus berkaitan dengan kemungkinan-kemungkinan adanya gugatan.

“Belum kami pikirkan, nanti bisa saja kami maju sendiri (menghadapi) gugatan. Namun sejauh ini situasinya aman, damai dan sejuk. Kita harapkan situasi seperti ini terus berlanjut sehingga pemilihan wali kota dan wakil wali kota di Kota Bima sukses tanpa hambatan,” harapnya.

Alumnus Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Jakarta ini juga memastikan sejauh ini belum ada intervensi dari pihak manapun yang diterima lembaga setempat. Termasuk dari Paslon maupun tim sukses.

Sementara itu, secara terpisah anggota Panwas Kota Bima, Muhaimin, S.Pd.I juga mengisyaratkan bahwa lembaga pengawas Pemilu setempat siap menghadapi segala kemungkinan terburuk termasuk gugatan dari figur maupun Paslon dan Timses.

Secara umum, Panwas Kota Bima selalu menaati koridor sesuai regulasi yang berlaku terutama dalam menangani dugaan pelanggaran dan melaksanakan tugas mengawasi setiap tahapan. Untuk penanganan pelanggaran, Panwas Kota Bima tidak menyiapkan pengecara khusus dalam menghadapi kemungkinan gugatan. (US)

Baca Juga :

No comments