Breaking News

Pasca Insiden Tanjung Baru, Bupati Bima Berharap tak Ada lagi Dendam

Bupati Bima Bersama Anggota FKPD, Camat dan Kades saat Melihat Kondisi Masyarakat di Tangga Baru.

Bima, Berita11.com— Rasa Keprihatinan yang mendalam disampaikan Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri saat mengunjungi pengungsi dari Desa Tanjung Baru yang ditempatkan di kantor Desa Wilamaci Kecamatan Monta. Mereka adalah warga yang mengungsi pasca insiden pembakaran rumah di Dusun Tanjung Baru Desa Tangga Baru Kecamatan Monta, Ahad (25/2/2018) lalu.

Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri mengingatkan agar jangan ada lagi dendam dan saling provokasi di antara masyarakat . Namun menyerahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum untuk penyelesaian kasus yang terjadi.

Pada kunjungan Senin (26/2/2018) sore, Bupati Bima sekaligus menyerahkan bantuan tanggap darurat kepada warga yang mengungsi di kantor Desa Wilamaci. Bantuan berupa bahan makanan, pakaian, perlengkapan tidur dan kebutuhan sehari-hari.

“Saya perintahkan Dinas Sosial, camat dan Kades untuk nembangun dapur umum dan terus memberikan pendampingan kepada warga, “  instruksi Bupati IDP langsung di hadapan warga, seperti yang dikutip Kasubag Informasi dan Pemberitaan Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Ruslan, S.Sos.

Lebih lanjut Bupati Bima mengimbau warga agar tidak terlalu lama dalam pengungsian. Pemerintah daerah beserta aparat keamanan menjamin keamanan dan kenyamanan warga.


Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri juga memberikan bantuan kepada 13 kepala keluarga  Dusun Tanjung Baru yang rumahnya rusak berat,hangus dan rusak ringan.
Bantuan tersebut bersumber dari Baznas Kabupaten Bima dan uang pribadi Hj Indah Dhamayanti Putri. Jumlah bantuan bervariasi yaitu untuk rumah yang hangus dan rusak berat diberikan sebesar Rp 2 juta. Sementara untuk rumah yang rusak ringan diberikan bantuan di bawah Rp2 juta. Bantuan tersebut sekadar tanggap darurat.

Dari Desa Wilamaci, Bupati Bima dan rombongan kemudian menuju Dusun Tangga Baru dan Dusun Tanjung Baru, kemudian memberikan santunan kepada keluarga Korban meninggal dunia akibat aksi massa yang dipicu karena diduga mencuri kambing.

Bupati IDP mengharapkan agar keluarga tabah dan tidak dendam atas peristiwa itu.
Bupati Bima yang dikawal ketat aparat Kepolisian dan TNI di bawah pimpinan Kapolres Bima dan Kasdim 1608 Bima kemudian menuju Dusun Tanjung Baru kemudian berdialog dengan warga setempat.

Dalam dialog tersebut Bupati Bima meminta camat dan kepala desa untuk berembuk  dengan warga di dua dusun tersebut dan mengupayakan secepatnya untuk islah.

“Kasihan para ibu-ibu dan anak anak yang mengungsi dan mereka harus segera masuk sekolah. warga juga harus segera beraktivitas. Nanti kita gelar doa dana agar semuanya berjalan damai seperti sedia kala,” kata Bupati IDP. (AN) 

Baca Juga :

No comments