Breaking News

Pemkab Dompu Targetkan Tiga Rekor dari MURI saat FPT 2018

Festival Pesona Tambora
Kawah Gunung Tambora

Dompu, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten Dompu mengemas Festival Pesona Tambora (FPT) tahun 2018 dalam bentuk baru. Pada iven yang akan digelar April 2018 mendatang, pemerintah manargetkan tiga rekor dari Musium Rekor Dunia-Indonesia (MURI).

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Dompu, Ardiansyah SE menyebut, tiga rekor yang ditargetkan pemerintah bertepatan pada puncak FTP April mendatang yakni rekor makan jagung terpanjang, rekor terbanyak tongkol jagung dan rekor peserta bakar jagung terbanyak.

Rekor bertema tentang jagung atau program unggulan daerah terpijar sengaja ditargetkan Pemkab Dompu. Karena keberhasilan pengembangan komoditi jagung menjadi lokomotif pengentasan kemiskinan di Bumi Nggahi Rawi Pahu.

Sebelumnya mengenai teknis Festival Pesona Tambora Tahun 2018 dibahas dalam rapat  persiapan yang dipimpin langsung Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin, Jumat (23/2/2018). Rapat juga dihadiri seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu.

Bupati Dompu berkeinginan agar FPT tahun 2018 lebih sukses dan meriah dari tahun sebelumnya. Pemerintah juga akan menggelar berbagai kegiatan pendukung untuk meraih rekor dari MURI. FPT 2018 juga akan dirangkaikan dengan hari jadi ke-203 tahun Dompu.

“Semoga, FPT yang dirangkaikan dengan hari jadi Dompu lebih sukses dan meriah dari tahun sebelumnya,” harap  Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Dompu, Ardiansyah SE melalui siaran pers Pemkab Dompu, Jumat (23/2/2018).

Untuk memeriahkan FPT, Pemprov NTB telah merancang pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) pada 1-3 April 2018 di Dompu. Pada waktu yang bersamaan pemerintah daerah akan meluncurkan FPT, opening pameran TTG serta pawai budaya yang direncanakan finis di Lapangan Beringin.  Peserta pawai kemudian akan disambut ceramah agama yang akan disampaikan Ustadz Yusuf Mansyur.

Tak hanya kegiatan tersebut, Pemkab Dompu Dompu juga berencana menggelar kegiatan sehari yaitu  gemar makan ikan dengan tema “Sehari Makan Ikan” yang terbuka untuk semua masyarakat. Kegiatan akan digelar di Gedung KNPI pada 7 April 2018.

Sementara itu, pada Jumat (6/4/2018) akan digelar ngaha kawiri (makan bubur) di setiap sekolah di bawah koordinasi camat se-Kabupaten Dompu. kegiatan dilanjutkan festival kuliner yang digelar pada 11 April 2018. Kegiatna merupakan  agenda yang bertujuan melayani pengunjung pada puncak FPT. Seluruh OPD lingkup Kabupaten Dompu bertanggung jawab atas agenda tersebut.

Seperti tahun lalu, Tradisi Cera Labu warga di Kecamatan Kempo kembali menjadi ajang memeriahkan FPT dan sebagai penanggung jawab dan biaya di tanggung oleh Pemerintah Kecamatan Kempo.

Ardiansyah juga menjelaskan, festival jagung dan minum kopi Tambora juga masih dilaksanakan pada FPT dan hari jadi Dompu tahun 2018. Kegiatan itu akan dilaksanakan malam hari di Doro Ncanga.

Sementara sepeda wisata dengan selingan game sepanjang rute dikoordinir organisasi Pramuk dengan jalur lebih panjang dari tahun sebelumnya.

Mancing mania, gerak jalan, Festival Drumband Pelajar dan Fun Bike dalam kota serta sepeda hias akan menjadi kegiatan pendukung memeriahkan FPT dan hari jadi Dompu tahun 2018.

“Siap-siaplah menghadiri FPT 2018 di Padang Savana Doro Ncanga, karena selain menampilkan tarian kolosal Nggahi Rawi Pahu dengan total 203 penari sesuai angka hari jadi Dompu yang melibatkan ASN. Pada puncak acara, Pemda Dompu juga akan menyuguhkan hiburan spektakuler dengan menghadirkan artis dangdut ibu kota Erie Susan,” katanya.

Seperti diketahui sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Dompu telah menyabet tiga rekor dari MURI melalui kegiatan pawai budaya menggunakan pakaian adat rimpu tembe nggoli tahun 2016 dan 2 rekor tahun 2017 melalui tarian massal dan pawai budaya menggunakan pakaian adat saremba dan katente tembe nggoli.

FTP merupakan bagian dari kelender iven tahunan mengenang dahsyatnya letusan Gunung Tambora yang mengubah iklim dunia pada 11 April 1815 silam. (AD)

Baca Juga :

No comments