Breaking News

UN Menghitung Bulan, Pelajar SMA Intens Kunjungi Perpustakaan Kota Bima

Sejumlah Pelajar SMA Mengunjungi Perpustakaan Kota Bima. Foto Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com— Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk pelajar tingkat SMA dan SMP tinggal menghitung bulan dan beberapa upaya terus dilakukan para siswa. Nah, menjelang pelaksanaan ujian tersebut intensitas kunjangan calon peserta UN di Perpustakaan Kota Bima meningkat.

Pelajar Kelas XII SMAN 2 Kota Bima, Ika Firda misalnya mengaku mengunjungi Perpustakaan Kota Bima hingga lebih dari tiga kali dalam sebulan. “Kebetulan mau ujian makanya kita lebih intens ke Perpustakaan Kota. Kalau di perpustakaan sekolah buku-bukunya terbatas, berbeda dengan koleksi di sini lebih banyak,” ujar Ika Firda di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima, Rabu (21/2/2018) lalu.

Tak hanya mencari referensi untuk persiapan UN, menurut Ika Firda para pelajar juga umumnya senang mengunjung Perpustakaan Kota Bima karena banyak koleksi lain selain buku pelajaran. Misalnya koleksi karya fiksi seperti novel yang kadang dibutuhkan pelajar sebagai bahan refresing di tengah padatnya jadwal belajar.


“Kalau di sekolah kan hanya buku pengetahuan saja. Di sini banyak buku-buku lain seperti novel biar kita juga bisa refreshing dikit-dikit,” katanya.

Hal senada diungkapkan oleh pelajar lainnya, Tifatul Umaya. Setiap bulan tetap rutin mengunjungi Perpustakaan Kota Bima. ia berharap koleksi perpustakaan setempat terus ditambah, demikian juga untuk fasilitas pendukung.

“Kami tetap rutin mengunjungi perpustakaan di sini, selain untuk mencari bahan bacaan juga untuk bersantai. Apalagi mau dekat ujian belajar itu harus diiringi refreshing karena bisa stres,” katanya.


Pada tahun 2018 sendiri, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima terus berupaya menambah koleksi bahan bacaan. Sejak lama dinas setempat juga menyiapkan berbagai layakan seperti fasilitas internet berkecepatan tinggi. 


Di luar itu juga menyiapkan berbagai layanan seperti perpustakaan keliling, perpustakan mini seperti di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima dan Puskesmas Penanae. Pada sisi lain pelayanan perpustakaan dan arsip di Kota Bima telah didukung regulasi terkait yakni Peraturan Daerah. (US)



No comments