Breaking News

Jika BKPSDM Melempem, Panwaslu Kota Bima akan Gedor Komisi ASN

Anggota Panwaslu Kota Bima, Muhaemin S.Pd.I. Foto Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com— Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Bima mengawasi tindaklanjut rekomendasi yang telah disampaikan kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) atau Pemkot Bima, berkaitan pelanggaran  Aparatur Sipil Negara (ASN) saat pra dan ketika tahapan kampanye Pilkada Kota Bima.

Jika BKPSDM dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melempem dalam merespon rekomendasi berkaitan pelanggaran yang dilakukan sejumlah ASN, maka Panwaslu akan meneruskan laporan bentuk eksekusi yang telah dilakukan BKPSDM maupun oleh Pemkot Bima terhadap ASN nakal kepada Komisi ASN, Men PAN RB dan Kemendagri.

“Panwaslu Kota Bima akan menyampaikan bentuk sanksi yang diterapkan oleh Pemkot Bima. jadi kita mengawsai pelaksanaan sanksi terhadap ASN yang telah kami rekomendasikan. Namun kami belum menerima tembusan putusannya. Kami akan sampaikan kepada Komisi ASN dan Men PAN RB melalui Bawaslu NTB untuk diteruskan biar nanti dievaluasi oleh Komisi ASN bentuk sanksi yang diterapkan oeh Pemkot Bima,” ujar Anggota Panwaslu Kota Bima, Muhaemin S.Pd.I di Sekretariat Panwaslu Kota Bima, Kelurahan Manggemaci, belum lama ini.

Panwaslu Kota Bima menyesalkan jika bentuk sanksi yang diterapkan terhadap ASN yang melanggar sebagaimana telah direkomendasikan kepada Pemkot Bima hanya berbentuk ringan yaitu membuat pernyataan permohonan maaf dan menyesali pelanggaran. "Kami juga baca di media ternyata sanksi cuma permohonan maaf begitu saja," kata Muhaemin.

Berdasarkan rekapan kasus yang ditangani Panwaslu Kota Bima, jumlahnya mencapai 14 kasus berkaitan dengan ASN Kota Bima dan dua kasus berkaitan ASN lingkup Pemkab Bima yang terlibat pada kegiatan kampanye Pilkada Kota Bima. dari sejumlah kasus itu, satu di antaranya merupakan tindak pidana Pemilu yang melibatkan Camat Raba, Surfil SH MH. Pejabat tersebut telah dieksekusi Jumat pekan lalu. (US)

Baca Juga :

No comments