Breaking News

KPU belum Sosialisasi Pilgub dan Pilkada kepada Warga Binaan Rutan Raba Bima

Kepala Rutan Raba Bima, A Khalik, S.Sos. Foto Istimewah.


Kota Bima, Berita11.com— Hingga kini warga binaan Rumah Tahanan Kelas IIB Raba Bima belum pernah memperoleh sosialisasi berkaitan tahapan maupun teknis pelaksanaan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima maupun Pilgub NTB tahun 2018.

Hal tersebut diakui Kepala Rutan Kelas IIB Raba Bima, A.Khalik, S.Sos kepada Berita11.com.  “Sampai saat ini belum ada sosialisasi kepada warga binaan kita,” kata Khalik kepada Berita11.com di Dara, Selasa (20/3/2018) lalu.

Khalik menyebut jumlah warga binaan Rutan Kelas IIB Raba Bima sebanyak 320 orang yang umumnya merupakan penduduk Kota Bima dan Kabupaten Bima. warga binaan tersebut merupakan warga negara yang memiliki hak pilih sebagaimana penduduk lain.

Hingga kini, Rutan Raba Bima juga belum mengetahui teknis pelaksanaan Pilgub NTB tahun 2018 maupun berkaitan pelaksanaan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima tahun 2018. Termasuk apakah akan ada Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus atau bergabung dengan TPS terdekat di Kelurahan Rabangodu Selatan Kecamatan Raba.

“Kami belum tahu apakah ada TPS khusus atau tidak atau mungkin gabung dengan TPS terdekat di Kelurahan Rabangodu Selatan,” ujar Khalik.

Diakuinya, hingga kini belum ada koordinasi dari KPU Kota Bima berkaitan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 khusus soal hak pilih warga binaan Rutan setempat.

Sementara itu, secara terpisah Devisi Teknis KPU Kota Bima, Fitrimatul Fitriah SH mengatakan, sosialisasi untuk warga binaan Rutan Raba Bima belum saatnya sehingga tidak dilaksanakan oleh KPU setempat.

Namun untuk tahapan-tahapan lain, sosialisasi telah dilakukan KPU untuk warga di luar Rutan. Sosialisasi itu termasuk melalui media massa, baligo dan kegiatan tatap muka atau sosialisasi langsung. “Kalau untuk Rutan memang belum saatnya. Kalau untuk TPS belum,” katanya. (US)

No comments