Breaking News

Luapan Banjir Bandang Genangi Pemukiman Warga Bolo dan Dompu

Luapan Banjir di Desa Tambe Kecamatan Bolo, Senin (5/3/2018) Mencapai Lutut Orang Dewasa.

Bima, Berita11.com— Pemukiman warga Desa Tambe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima dan sejumlah desa di Kabupaten Dompu direndam banjir bandang, Senin (5/3/2018) sore. Luapan banjir di Dompu bahkan hampir mencapai atap rumah warga.

Kondisi di Desa Tambe Kecamatan Bolo Setelah Banjir Bandang Meluap ke Pemukiman Warga.
Luapan banjir di Desa Tambe Kecamatan Bolo terjadi di tujuh rukun tetangga yaitu RT 1, RT 2, RT 3, RT 4, RT 5, RT 15 dan RT 16. Ketinggian air di sejumlah RT tersebut mencapai paha orang dewasa. Hingga kini belum ada laporan korban jiwa akibat peristiwa tersebut, sementara berkaitan dengan nilai kerusakan akibat luapan banjir masih didata oleh petugas berkaitan.

Kondisi Pemukiman Warga di Dompu. Foto Istimewah.
Banjir yang melanda Desa Tambe Kecamatan Bolo terjadi beberapa saat setelah hujan deras yang melanda Kecamantan Bolo, Kecamatan Donggo dan Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima. Merespon peristiwa tersebut, sejumlah aparat termasuk 
Bhambinkmatibmas setempat berkoordinasi dengan pemerintah desa.

Sementara itu, pada bagian lain, banjir bandang juga melanda sejumlah desa dan kelurahan di Kabupaten Dompu seperti wilayah Potu, Bada, Bali 1, dan Karijawa. Banjir bandang meluap hingga ke sejumlah rumah warga serta fasilitas umum seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dompu.

Sejumlah wilayah yang digenangi banjir bandang di Kabupaten Bima merupakan sejumlah lokasi strategis dan pusat aktivitas di ibukota Kabupaten Dompu.


Pasca bencana alam tersebut, sejumlah relawan masih memantau kondisi lapangan. Secara umum, warga yang terdampak banjir di Kabupaten Dompu membutuhkan bantuan nasi bungkus, air mineral maupun logistik darurat lain seperti telur dan mi instan.

Hingga kini belum ada keterangan resmi dari Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima maupun BPBD Kabupaten Dompu berkaitan jumlah korban maupun dampak banjir. Sejumlah pihak yang sudah mulai bergerak membantu korban banjir seperti ACT MRI NTB. (AD/Poris)

No comments