Breaking News

Pemkab Dompu Genjot Persiapan Festival Pesona Tambora

Suasana Rapat Koordinasi Persiapan Festival Pesona Tambora di Pendopo Bupati Dompu, Selasa (13/3/2018).


Dompu, Berita11.com— Pelaksanaan iven nasional Festival Pesona Tambora (FPT) tinggal menghitung pekan.  Untuk memaksimalkan persaiapan agenda tahunan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu menggelar rapat koordinasi di pendopo  Bupati Dompu, Selasa (12/3/2018).

Pada rapat yang dimpimpin langsung oleh Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin (HBY) tersebut, sejumlah item kegiatan yang akan memeriahkan FPT dan hari jadi ke-203 Dompu juga ditetapkan di antaranya kegiatan budaya, karya seni, pariwisata serta ekonomi kreatif.

Sesuai rundown yang ditetapkan panitia, rangkaian kegiatan FPT dan hari jadi Dompu yaitu  1-3 April 2018,  Pameran  Foto Pesona Tambora,  3 April,  Gema Budaya Religius, 4 April, Pawai Budaya,  4-7  April lari lintas Sumbawa sejauh 320 kilometer dari  Pelabuhan Poto Tano dan finis di Doroncanga.

Sesuai rencana, kegiatan tersebut akan diikuti peserta mancanegara. Sementara pada  5 April 2018, kegiatan dilanjutkan sepeda hias,  6 April 2018, Ngaha Kawiri,  6-8 April, Lomba Drum Band antar Pelajar,  7 April,  makan ikan  di Gedung Pemuda,  7 April, Trail Adventure di Savana Doroncanga,  8 April, mancing mania,  8 April, Fun Bike,  9 April, transplantasi karang,  9 April, Cera Labu,  10 April, Festifal Kuliner,  10-11 April, pemeran jagung, kopi dan gula Tambora di Savana Doroncanga, 10 April 2018, sepeda wisata di Savana Doroncanga, 10-11 April, hiburan rakyat di Savana Doroncanga, dan  11 April 2018, acara puncak di Savana Doroncanga.

Sebagai tuan rumah perayaan kegiatan berskala dunia tersebut, HBY juga berencana menghadirkan pejabat tinggi  negara di Republik ini, salah satunya Menkopolhukam, atau Kepala Staf Kepresidenan Meoldoko atau  Presiden RI, Ir. H. Jokowi Dodo.

HBY menyatakan, pada 11 April 2018 mendatang, pemerintah juga akan melaksanakan peletakan batu pertama (ground breaking) proyek pendukung pariwisata di Taman Nasional Tambora. Pemkab Dompu mengagendakan peresmian proyek itu akan dihadiri oleh pejabat negara, paling tidak Menkopolhukam.

Rapat koordinasi persiapan FPT  dihadiri  seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah, , Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB, Dandim 1614/Dompu, Polres Dompu, dan Kejaksaan Negeri Dompu. (Poris)

No comments