Breaking News

Baiq Inde: Perempuan Tangguh NTB Bernama Sitti Rohmi

Aktivis Kelurahan Banjar Ampenan Mataram, Baiq Indraningsih.

Mataram, Berita11.com— Suara perempuan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) dianggap hanya pelengkap. Padahal jumlah suara perempuan tak bisa diremehkan karena cukup banyak. Potensi itu pun memungkinkan munculnya keterwakilan perempuan. Di tengah hegemoni kaum adam dalam pilkada NTB, sosok Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah hadir dalam Pilkada NTB 2019.

Calon Wakil Gubernur NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah adalah pasangan Calon Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah. Hadirnya Sitti Rohmi dalam kontestasi Pilkada, membuat aktivis lingkungan asal Kelurahan Banjar, Kecamatan Ampenan, Baiq Indraningsih bersuara.

“Perempuan NTB jangan sekadar memilih! Kita cetak sejarah dengan memantapkan pilihan ke pasangan Zul-Rohmi,” katanya.

Kata perempuan yang akrab disapa Baiq Inde ini, 27 Juni 2018, para perempuan harus menggunakan hak sebagai perempuan NTB apapun partai dan golongannya jangan ragu mencari yang jilbab hijau nomor 3, lalu coblos. 

Menurut Baiq Inde, sebagai perempuan NTB tidak ada kata lain selain mendukung penuh sesama perempuan maju dalam kontestasi Pilgub NTB 2018 ini. Ini dianggap" kaffah" sebagai perwujudan hak perempuan yang terwakili di segala bidang.

“Bukan sekadar perempuan yang hanya tau sumur, dapur, dan kasur,” ujarnya penuh semangat.

Para perempuan, lanjutnya, bukan sekadar ikut sebagai tim hore dalam segala pesta demokrasi di daerah. Kodrat perempuan sebagai Ibu tentu yang utama tapi sifat dasarnya sebagai pengayom terlihat. Hal itu pula yang tak bisa dilepaskan dari sosok Sitti Rohmi.  “Beliau tangguh,” ucapnya sambil mengulang tiga kali kata ini.

Baiq Inde mengatakan, walaupun Sitti Rohmi lebih terkenal sebagai pendidik, kakak kandung Gubernur NTB TGB HM Zainul Majdi ini bak politisi yang punya kekuatan laten dan penuh pesona. Dari ratusan tempat dia kunjungi, Sitti Rohmi begitu luwes dan menguasai persoalan mendasar masyarakat.

Hal itu memang di luar kebiasaan Cagub-Cawagub NTB yang lain, Sitti Rohmi langsung ke masyarakat tanpa batasan. 

“Saya yakin pasangan calon lain takkan mampu melakukan hal yang sama. Selain faktor usia juga faktor fisik yang tak memungkinkan,” tandas Baiq Inde. 

“Sekali lagi saya ajak semua perempuan memilih Ibu Rohmi.  Akademisi sekaligus aktivis perempuan cantik ini terkenal mempunyai seabrek kegiatan pemberdayaan kemasyarakatan,” tambahnya.  

Inde setengah orasi menitip pesan kepada seluruh aktivis perempuan NTB, saatnya kaum kartini NTB menunjukkan pada dunia begitu banyak perempuan tangguh di NTB yang bisa menjadi inspirasi bagi dunia.

Keterwakilan perempuan penting karena perempuan yang faham persoalan dan kebutuhan perempuan. Percuma para aktivis perempuan berteriak menuntut adanya perempuan yang duduk di pemangku kebijakan dan isu gender. Ketika ada perempuan tangguh, mampu, berani maju, dan keberpihakannya pada perempuan tidak diragukan lagi malah tidak ikut mendukung. 

“Ingat slogan kita aktivis perempuan, perempuan bersatu tak bisa dikalahkan,” tandasnya. (RD/*)

No comments