Breaking News

Disnakertrans KSB Inisiasi Sambut May Day secara Santun

Kepala Seksi Hubungan Industrial Disnakertrans KSB,Tohirudin SH.


Taliwang, Berita11.com—  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa Barat berencana menginisiasi pertemuan dengan seluruh serikat pekerja membahas konsep dalam memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) pada 1 Mei 2018 mendatang.

Hal tersebut sebagai upaya  membuka ruang bagi buruh dalam menyampaikan aspirasi soal ketenaga kerjaan.

Kepala Seksi Hubungan Industrial Disnakertrans Kabupaten Sumbawa Barat, Tohirudin SH mengatakan, perayaan May Day tidak harus dengan menggelar aksi demo seperti daerah lain di Indonesia. Namun yang paling penting tersampainya aspirasi atau tuntutan para pekerja.

“Sudah ada diskusi awal dengan para pengurus serikat pekerja, agar saat perayaan May Day tidak harus dengan menggelar aksi demo seperti daerah lain. Tetapi bisa dengan konsep lain yang disepakati,” katanya di KSB, Rabu (18/4/2018).

Meskipun belum menjadi final bahwa perayaan May Day tanpa demo, namun Tohir  optimis jika tawaran itu  akan diterima  para serikat pekerja. Hal itu setidaknya mengingat puncak perayaan May Day merupakan hari libur.

“Hari libur nasional pada 1 Mei, jadi kalau aksi demo untuk menyampaikan aspirasi pada pemerintah akan sulit. Hal itu yang menjadi pertimbangan sehingga Diasnakertrans akan mengajak para serikat untuk membahasnya,” lanjutnya.

Tohir juga menyatakan kemungkinan akan menawarkan acara diskusi dengan perwakilan pekerja. Kegiatan itu bisa dilaksanakan pada puncak perayaan.

“Sekarang ini memang belum bisa disimpulkan bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan, karena pertemuan dengan perwakilan pekerja belum dilaksanakan, bahkan dirinya belum bisa memastikan waktunya, mengingat saat ini masih dalam bentuk koordinasi,” ucapnya.

Ia menjelaskan jika rencana  membahas bersama serikat pekerja konsep perayaan May Day bukan hanya untuk membuka ruang bagi pekerja menyampaikan aspirasi, tetapi juga sebagai ajakan agar bersama menjaga kondusifitas investasi di Bumi Pariri Lema Bariri.
“Pemerintah KSB dan para pekerja memiliki kesepahaman bahwa investasi yang ada harus dijaga bersama, tetapi momen perayaan May Day juga tetap dilaksanakan,” katanya.

Informasi awal yang diterima, sejumlah serikat pekerja berencana menyambut May Day dengan aksi, lantaran ada beberapa persoalan ketenagakerjaan di KSB terutama dalam areal PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT). Namun sampai berita ini ditulis belum ada pihak serikat pekerja yang memastikan aksi demo tersebut. (DA)

No comments