Breaking News

Ini Modus Baru ASN Menghindar dari Perangkap Jaring Panwaslu

Ilustrasi. Orginal Picture: Jari-Jari.


Kota Bima, Berita11.com— Pada tahapan kampanye rapat umum terbuka potensi pelanggaran termasuk keterlibatan aparatur sipil negara (ASN) tinggi di Kota Bima. Nah, Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Bima memiliki sejumlah kendala dalam menghadapi pengawasan tahapan tersebut.

Salah satu kendala utama yang dihadapi Panwaslu Kota Bima yaitu upaya ASN menghindari jaring kamera Panwaslu dengan cara menyamarkan diri atau menggunakan penutup muka (masker).

“Kalau sekarang pelanggaran oleh ASN berkurang. Mungkin juga efek terhadap penindakan pelanggaran kemarin. Tapi kita perkirakan juga meningkat saat kampanye rapat umum terbuka. ASN memiliki cara baru untuk menghindari pengawasan Panwaslu dengan cara menutup mukanya,” ujarnya Ketua Panwaslu Kota Bima, Sukarman kepada Berita11.com di Kota Bima, Kamis.

Menurut Sukarman, upaya para ASN menyamarkan diri membuat Panwaslu Kota Bima kesulitan mengidentifikasi massa yang terlibat saat kampanye. “Kemarin juga waktu konfoi mereka menutup muka dengan helm. Itu membuat kita kesulitan mengawasi,” katanya.

Sukarman berharap seluruh ASN patuh terhadap ketentuan larangan terlibat dalam kegiatan politik praktis. “Harapan kita agar ASN selalu menaati ketentuan peraturan yang sudah disosialisasikan,” katanya.

Hingga saat ini Panwaslu Kota Bima terus berupaya mencegah pelanggaran. Salah satunya melalui upaya sosialisasi dan meningkatkan pengawasan partisipasi. (US)

No comments