Breaking News

Menangkal Hoax Perlu Kesadaran dan Partisipasi Banyak Pihak

Ilustrasi.


Dompu, Berita11.com— Dengan banyak keterbatasan pemerintah baik dari dukungan anggaran dan personil teknis yang terbatas, maka upaya untuk menangkal informasi bohong (hoax0 memerlukan partisipasi banyak pihak.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Dompu, Ir Fakhrudin A Wahab, M.Si di Dompu.

Menurut Fakhrudin, Dinas Kominfo memiliki berbagai keterbatasan termasuk anggaran. Pada sisi lain dinas setempat juga menyadari bahwa ketika sebuah informasi bohong seperti fake news maupun informasi bohong (hoax) yang disebarkan melalui media sosial ditutup atau dijegal oleh pemerintah. Namun upaya itu tidak akan ampuh selama kesadaran masyarakat masih rendah.

“Ketika satu pintu ditutup ada beribu-ribu pintu lain yang tertutup. Sementara pada sisi lain personil kita terbatas,” katanya di Dompu, Rabu.

Meskipun demikian, ia mengisyaratkan Diskominfo Kabupaten Dompu tetap berupaya maksimal mengantisipasi informasi sesat atau hoax melalui upaya sosialisasi yang dilakukan secara langsung. (AD)

No comments