Breaking News

Pelayanan Permohonan Informasi Publik di Dompu Dipuji Warga

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dompu. Foto Berita11.com



Dompu, Berita11.com— Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu membuka akses informasi secara luas kepada masyarakat dipuji publik. Sejak lama akses informasi yang mudah merupakan dambaan masyarakat di manapun termasuk di Bumi Nggahi Rawi Pahu.

Warga Dompu, Anang mengatakan, dari waktu ke waktu pelayanan informasi di Dompu semakin lebih baik. Hal itu juga setidaknya juga dilihat dari komitmen pemerintah daerah seperti yang ditegaskan oleh Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin. 

“Kami selalu yakin selama pemerintah daerah mau membuka akses informasi kepada siapapun pemohon yang memenuhi syarat, maka pemerintahan itu pasti mampu mewujudkan good governance,” kata Anang di Dompu, Minggu (15/4/2018).

Pria gepeng ini berharap seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Dompu melaksanakan perintah Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin dengan membuka akses informasi kepada publik. “Pada sisi lain saya juga optimis bahwa pemerintah juga akan merespon positif setiap permohonan informasi publik selama memenuhi syarat. Kalauapun ada penolakkan paling karena inprosedural saja,” kata pria jebolan kampus di Mataram ini.

Secara terpisah, warga Dompu lainnya, Irwan juga mengapresiasi komitmen Pemerintah Kabupaten Dompu melaksanakan keterbukaan informasi publik sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 dan sejumlah regulasi turunannya.

Irwan pun berharap Komisi Informasi Daerah (KPID) memberikan penilain positif terhadap Pemda Dompu atas komitmen membuka informasi publik. “Saya kira memang perlu dukungan masyarakat juga. Masyarakat dan pemerintah membuka simpul-simpul yang belum terurai selama ini. Harus ada kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat melalui input positif karena itu lebih efektif dalam mewujudkan rencana pembangunan daerah,” katanya.

Sementara pada bagian lain, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dompu, Abdul Syahid SH menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Dompu sangat berkomitmen membuka akses informasi kepada publik. Hal itu juga merupakan perintah dari Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin.

“Selama bukan informasi yang dikecualikan seperti tentang pertanahan negara itu bisa diberikan. Pemerintah daerah juga wellcome kepada masyarakat yang memohon informasi,” katanya.

Mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Dompu ini menyebut, dua tahun terakhir tidak ada sangketa berkaitan dengan permohonan informasi publik. PPID Utama Kabupaten Dompu terus berupaya memberikan bimbingan kepada PPID OPD. (US)

No comments