Breaking News

Antisipasi Minat Daftar KPPS Rendah, KPU Kota Bima Gandeng Lembaga Pendidikan

Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara. Foto Borneonews


Kota Bima, Berita11.com— Minat untuk menjadi penyelenggara Pemilu tingkat bawah khususnya pada saat pelaksanaan pungut hitung atau menjadi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) rendah. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima akan menggandeng lembaga pendidikan di Kota Bima.

Anggota KPU Kota Bima, Agusalim, S.Ag mengatakan, selain menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan, dari aspek regulasi KPU juga sudah mengantisipasi rendahnya minat masyarakat mendaftarkan diri sebagai KPPS. “Sehingga syarat minimal sekarang 17 tahun bukan lagi 25 tahun seperti dulu,” katanya di Sekretariat KPU Kota Bima, Senin (21/5/2018).

Pada sisi lain untuk mengantisipasi adanya petugas KPPS titipan pasangan calon maupun yang terlibat sebagai tim sukses dan pengurus partai politik, KPU Kota Bima juga sudah mengantisipasinya dengan memberikan ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan laporan pada saat pengumuman nama-nama calon anggota KPPS.

“Hal yang ditekankan yakni netralitas. Nanti setelah wawancara dan klarifikasi akan ada tahap tanggapan dari masyarakat setelah diumumkan,” katanya.

Sesuai waktu dan materi pengumuman KPU Kota Bima, batas waktu pendaftaran KPPS hingga Kamis 24 Mei 2018. [US]

No comments