Breaking News

Bupati Bima Puji Toleransi dan Nilai Keberagamanan di Desa Mbawa Donggo

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri Menyampaikan Sambutan saat Safari Ramadan di Masjid Nurul Muttaqin.


Bima, Berita11.com— Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri (IDP) memuji kekompakan dan toleransi masyarakat di Desa Mbawa Kecamatan Donggo. Meskipun umumnya masyarakat setempat terdiri dari berbagai agama, namun nilai keberagaman selalu terjaga. Hal tersebut disampaikan IDP saat melaksanakan safari Ramadan 1439 Hijriah di Masjid Nurul Muttaqin Dusun Sangari Desa Mbawa, Selasa (22/5/2018) malam.

“Sungguh iklim hidup keagamaan masyarakat Donggo pantas menjadi teladan bagi masyarakat di wilayah lain. Meski antarumat beragama hidup dalam satu lingkungan yang saling berdekatan namun tidak pernah ada perselisihan yang menjadi embrio dishamoni,” katanya seperti dikutip Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Sita Erna.

Dikatakannya, nuansa kebersamaan, saling menopang dan gotong royongan begitu indah. Hal itu mencerminkan masyarakat Donggo telah menjadikan hakikat agama sebagai penuntun kedamaian dan kasih sayang kepada sesama mahluk.

Menurutnya,  kebersamaan, saling menopang, semangat gotong royongan, kedamaian serta kasih sayang kepada sesama merupakan modal yang krusial  melanjutkan ikhtiar membangun segenap dou labo dana (masyarakat Bima)  menuju tercapainya tatanan hidup yang religius, aman, makmur, amanah dan handal.

Selain memuji nilai toleransi masyarakat Desa Mbawa Kecamatan Donggo, Bupati Bima juga menyampaikan sejumlah pesan kepada masyarakat dan aparatur pemerintah desa setempat.

“Teruslah berbuat baik berlandaskan keikhlasan, rekatkan persatuan dan persaudaraan, hindari ajakan dan atau arahan yang justru menjauhkan kita dari kemurnian aqidah; bersatu padu dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam menumbuh kembangkan rasa aman dan ketertiban; patuhi alim ulama dan tokoh–tokoh agama guna membentengi masyarakat dari berbagai pengaruh negatif modernitas,” katanya.


Selain  itu, masyarakat juga diingatkan berhati-hati  memanfaatkan media sosial. Jangan mengikuti arus menggunakan media sosial sebagai alat menyebar berita-berita hoax bernuansa fitnah, adu–domba dan memecah–belah  maupun muatan lain yang dapat mereduksi  nilai moral dan etika.  

“Kepada kepala desa beserta seluruh jajarannya saya tekankan untuk memberikan pengabdian terbaik, bekerja sesuai ketentuan aturan, menuntaskan administrasi dan pertanggunjawaban pengelolaan keuangan desa hingga kepemimpinan dan kepemerentahan yang bersih, transparan, akuntabel dan berwibawa  dapat terpenuhi serta sanggup memupuk peran dan partisipasi aktif seluruh masyarakat,” pesan Bupati IDP.

Bupati IDP juga mengimbau masyarakat Desa Mbawa segera melengkapi data dan administrasi kependudukan. Mengikuti perekaman KTP elektronik karena merupakan salah satu syarat utama menggunakan hak suara pada pemilihan kepala desa 2018, Pilgub NTB, pemilihan legislatif, Pilpres 2019 maupun pemilihan kepala daerah di Kabupaten Bima pada 2021 mendatang.

Bupati juga mengingatkan masyarakat muslim agar menunaikan zakat fitrah dan mal. “Semoga masyarakat Donggo dapat menjadi contoh dalam menunaikan salah satu rukun Islam. Saya yakin bahwa setiap ketaatan kita pada perintah Allah niscaya akan dibalas dengan limpahan kebaikan yang melebihi apa yang kita tunaikan,” katanya.

Safari Ramadan Bupati Bima di Kecamatan Donggo juga diikuti pimpinan DPRD Kabupaten Bima dan anggota legislatif dari Dapil setempat, sejumlah Asisten Setda Kabupaten Bima, pejabat eselon 3 dan 4 serta Camat Donggo, Muspika dan jajaran pemerintah desa setempat. [AN]


No comments