Breaking News

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima segera Akuisisi Arsip 12 OPD


Posko Penyelamatan Arsip Kota Bima. Dok Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com— Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Bima menargetkan akan menuntaskan proses akuisisi arsip seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dalam waktu tak lama lagi, DPAD akan menuntaskan akuisisi 12 OPD.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima, Drs H Mahfud, M.Pd mengatakan, akuisisi merupakan program OPD setempat dan merupakan amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsiapan dan Peraturan Daerah Kota Bima berkaitan dengan Arsip.

“Dua bulan kemarin kita sudah mulai jalan. Sisanya ada 12 OPD kita tuntaskan,” ujar H Mahfud di DPAD Kota Bima, Senin (23/5/2018).

Menurut mantan Kabid P2P BKD Kota Bima ini, rata-rata kondisi arsip setiap OPD tidak terurus. Pada sisi lain pejabat di dinas atau Satker tidak memahami arti penting arsip. Selain itu tidak mengetahui cara pengelolaan arsip yang tepat sehingga harus diakuisisi.

“Hampir seluruh OPD belum memiliki penataan arsip yang bagus, pengelola arsip tidak ada apalagi tenaga arsiparis. Kelemahan selama ini kalau pejabatnya pindah, pindah juga arsip atau hilang di tengah jalan,” ujar Mahfud.

Dikatakannya, penataan arsip setiap OPD juga berkaitan erat dengan target status opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan yang selalu ingin diraih Pemerintah Kota Bima.  

“Daerah yang memiliki arsip yang bagus mendukung untuk meraih WTP. Kota Bima memang WTP tapi itu hanya dari pengelolaan keuangan saja belum didukung oleh arsip. OPD-OPD harus banyak kita bina.  Mereka harus banyak belajar terutama untuk pimpinan OPD,” katanya.

Diakui Mahfud, sejauh ini tidak ada hambatan pada proses akuisisi arsip meskipun kemungkinan ada sebagian anggapan OPD yang merasa kuatir laporan keuangan diketahui banyak orang.

Sesuai ketentuan Undang-Undang  Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Arsip, juga diatur konsekuensi atau ketentuan pidana bagi yang tidak mengelola arsip seperti amanat undang-undang. [US]

No comments