Breaking News

Disnaker Kota Bima Ingatkan Perusahaan Bayar Hak Pekerja sebelum Lebaran

Ilustrasi.


Kota Bima, Berita11.com— Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bima mengingatkan para pemberi kerja atau perusahaan agar membayar hak-hak pekerja sebelum lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah.

Kepala Disnaker Kota Bima, Drs Jufri M. Si mengatakan, salah satu hak pekerja yaitu menerima pembayaran tunjangan hari raya sesuai ketentuan peraturan pemerintah. Sebagai bentuk tindaklanjut terhadap regulasi yang lebih tinggi, Pemerintah Kota Bima telah merumuskan dan menetapkan standar upah dan hak-hak karyawan yang diukur dari kebutuhan pokok hidup bujang di Kota Bima.

“Sebelumnya juga sudah sosialisasi dan nanti juga akan kita kembali sosialisasikan itu,” ujar Jufri di Disnaker Kota Bima, Senin.

Berkaitan potensi munculnya pengaduan dari para pekerja berkaitan dengan pembayaran hak-hak pekerja, Disnaker Kota Bima tidak menyiapkan posko pengaduan khusus. Kendati demikian, dinas setempat memberikan kesempatan bagi para pekerja untuk menyampaikan laporan ke dinas setempat. 

Pembayaran THR pekerja atau buruh juga diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2016. Sementara pada sisi lain, saat ini THR untuk untuk Pegawai Negeri Sipil masih menunggu tanda tangan Presiden Jokowi.[US]

No comments