Breaking News

Dispertanak: Harga Semua Komoditi Pertanian Berpotensi Naik saat Puasa

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dispertanak Kota Bima, Ridwan SP.

Kota Bima, Berita11.com— Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kota Bima memprediksi harga semua komoditi pertanian akan merangkak naik beberapa hari menjelang Ramadan 1439 Hijriah 2018 meskipun saat ini harga sejumlah komoditi cenderung stabil.

“Kemungkinan naik saat puasa nanti atau beberapa hari menjelang puasa seperti cabai dan bawang,” kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dispertanak Kota Bima, Ridwan SP di Kota Bima, Senin.

Dikatakan Ridwan pada saat terjadi kelangkaan, harga komoditi pertanian seperti cabai pernah melonjak hingga Rp130 ribu per kilogram. Demikian juga harga bawang. Namun kini seiring memasuki musim panen harga komoditi pertanian tersebut stabil.

“Kita tetap rutin melaksanakan survei pasar khususnya untuk komoditi pertanian,” ujar Ridwan di Dispertanak.

Menurut pria berkumis ini, secara umum sebagian besar komoditi seperti sayur yang dipasarkan di Kota Bima dipasok dari sejumlah daerah luar seperti Pulau Lombok, Makassar. Misalnya cabai, tomat maupun sayur lain.

Lonjakan harga komoditi pertanian terutama cabai juga sangat mempengaruhi tingkat inflasi di Kota Bima. 

“Harga beras juga saat ini masih stabil karena baru memasuki musim panen meskipun sebelumnya sempat naik menjadi 11 ribu untuk beras jenis super. Sementara untuk areal tanam tanaman tertentu di Kota Bima  terbatas seperti bawang merah hanya 0,5 hektar di Jatibaru,” katanya. [US]

No comments