Breaking News

Rohmi Dorong Kaum Muda NTB Kreatif Manfaatkan Peluang Usaha Berbasis Digital

Calon Wakil Gubernur NTB, DR Hj Sitti Rohmi Djalilah Menyapa Masyarakat.


Mataram, Berita11.com— Calon Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah (SRD) mengatakan sektor ekonomi kreatif akan menjadi salah satu pendorong utama dalam pertumbuhan ekonomi NTB ke depan.

Menurutnya, pembangunan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang kini  tengah bergeliat di sektor pariwisata sekaligus mengokohkan branding sebagai destinasi halal dunia memunculkan banyak potensi dan peluang ikutan yang turut mendorong pembangunan sektor lainnya.

“NTB adalah salah satu pusat wisata halal dunia yang memiliki keindahan alam yang luar biasa, kekayaan budaya yang sangat beragam ada Sasak Samawa Mbojo (Sasambo). NTB juga punya kekayaan akan produk-produk kerajinan seperti tenun yang beraneka ragam,  mutiara, gerabah, ukir,  dan lain-lain,” kata SRD di Mataram, Selasa (29/5/2018).

Dikatakannya, kuliner-kuliner tradisional juga beragam, itui akan menjadi modal yang sangat besar untuk tumbuh dan berkembangnya industri kreatif kita ke depan di NTB.

SRD memaparkan, peran pemerintah sebagai fasilitator, mediator dan pendorong harus menggandeng pihak-pihak yang memiliki kompetensi dan kepedulian dengan industri kreatif. Misalnya dengan melibatkan sektor perbankan, para pengusaha, para ahli, akademisi perguruan tinggi, media massa dan lain sebagainya.

“Dengan menggandeng para pihak ini, diharapkan agar masalah permodalan, kualitas produksi, hingga ke masalah pemasaran akan bisa tertangani dengan baik,” katanya.


Menopang Pemberdayaan Perempuan

Ia mengatakan, dengan mendorong pembangunan ekonomi kreatif di NTB maka upaya pemberdayaan perempuan juga akan ikut terbantu. Sebab, sebagian besar pelaku industri kreatif di NTB ini adalah kaum perempuan.

“Peran perempuan sangatlah besar,  karena pelaku dari ekonomi kreatif ini sebagian besar wanita. Misalnya industri kuliner, kerajinan tenun, dan lain sebagainya,” katanya.

Menurut SRD, pemerintahan Zul-Rohmi ke depan akan menggandeng juga organisasi perempuan seperti IWAPI dan organisasi lainnya turut memajukan industri kreatif di NTB.

“Sehingga nantinya, mulai dari sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan akan banyak melibatkan organisasi-organisasi wanita, majelis taklim, LSM  perempuan, akademisi perempuan dan lain sebagainya,” ujarnya.

Kaum Muda dan Digital

Hal yang tak kalah penting, papar SRD, yang harus diperhatikan dalam memajukan industri kreatif adalah dengan mendorong masyarakat agar lebih melek teknologi dan dunia digital.

Seiring perkembangan ilmu dan teknologi yang berbasiskan digital, Cawagub NTB, Jilbab Ijo ini mendorong kaum muda NTB secara kreatif  memanfaatkan peluang usaha yang berbasiskan teknologi digital. Dengan begitu akan memotivasi yang lain.

Menurut Rohmi, kemajuan IPTEK merupakan konsekwensi logis yang harus dihadapi seiring berkembangnya peradaban jaman. “Temuan -temuan IPTEK yang berbasis digital tak bisa dihindari karena itu tools atau alat untuk memudahkan interaksi dan komunikasi,” ujar Rohmi.

Bagi Rohmi, anak muda yang hebat dan cerdas itu  harus pandai memanfaatkan celah dan  peluang di balik kemajuan inovasi tehnologi. “Peluang usaha yg memanfaatkan teknologi berbasis digital masih terbuka lebar,” tambahnya.

Untuk mendukung upaya itu, Zul-Rohmi akan memperluas keberadaan kampung media yang saat ini sudah ada dan juga akan meningkatkan pelatihan-pelatihan yang terus menerus dan berkesinambungan.

Pasangan Dr Zulkieflimansyah dan Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi) merupakan pasangan Cagub dan Cawagub NTB dengan nomor urut 3, yang maju dalam kontestasi Pilkada NTB ini diusung Partai Demokrat dan PKS.

Zulkieflimansyah sebelumnya menjabat anggota DPR RI. Pria akrab disapa Doktor Zul ini juga merupakan pendiri Universitas Teknik Sumbawa (UTS) di Pulau Sumbawa. Sementara, Sitti Rohmi Djalilah (SRD) merupakan mantan Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur dan menjabat Rektor Universitas Hamzanwadi Lombok Timur.

Satu-satunya calon yang mewakili perempuan ini,  juga merupakan kakak kandung Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) sekaligus cucu dari Pahlawan Nasional pendiri organisasi Nahdlathul Wathan (NW), Maulana Syaikh TGKH M Zainuddin Abdul Madjid. Maju dalam kontestasi Pilgub NTB tahun ini, pasangan Zul-Rohmi mengangkat jargon lanjutkan ikhtiar TGB untuk NTB yang Gemilang. [RD]

No comments