Breaking News

Warga Tiga Kelurahan Baru di Kota Bima belum bisa punya E-KTP, ini Penjelasannya

Ilustrasi.


Kota Bima, Berita11.com— Meskipun sudah resmi terbentuk dan telah ada nomenklaturnya, warga dari tiga kelurahan baru di Kota Bima yaitu Kelurahan Oi Mbo Kecamatan Rasanae Timur, Kelurahan Jatiwangi Timur dan Kelurahan Ule Kecamatan Asakota Kota Bima belum dapat memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bima, Hj Mariamah SH menjelaskan, dinas setempat sengaja menunda pencetakan KTP untuk tiga kelurahan tersebut untuk menghindari potensi penyalahgunaan E-KTP pada kegiatan pungut-hitung Pilkada Kota Bima maupun Pilgub NTB.

Sebagaimana diketahui, pada Pilkada serentak 2018, warga bisa memberikan hak suara dengan menunjukkan E-KTP atau surat keterangan karena dimasukan dalam DPT tambahan.

“Kami sengaja tunda untuk pemberian atau pencetakan terhadap warga di tiga kelurahan baru untuk menghindari penyalahgunaan,” kata Mariamah di Disdukcapil Kota Bima, Kamis.

Dikatakan Mariamah, tiga kelurahan baru di Kota Bima telah resmi terbentuk dan sudah memiliki nomor dan sudah masuk dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

"Sebenarnya bisa saja dilakukan pencetakan setelah penarikan KTP lama di alamat yang sebelumnya. Tetapi bisa disalahgunakan, warga bisa beralasan KTP lama sudah hilang dan membuat surat kehilangan padahal tidak hilang sehingga kami mengantisipasi hal itu,” ujarnya. [US]

No comments