Breaking News

17 Pelajar SDIT Al Azzam Mengikuti Uji Publik Tahfidz Al Quran Juz 1 dan 30

Salah Satu Peserta Uji Publik Tahfidz Al Quran Juz 1 dan 30 SDIT Al Azzam Bolo, Ahad (10/6/2018). Foto Indrawan.



Bima, Berita11.com— 12  siswa kelas 1 hingga kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Azzam mengikuti uji publik juz 30 dan 5 siswa kelas 3 hingga kelas 5 mengikuti uji publik juz 1 dan  juz 30 tahun ajaran 2017-2018, Ahad (10/6/2018). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula SKB Bolo ini dirangkaikan dengan pembagian rapor kenaikan kelas dan buka puasa bersama.

Kepala SDIT Al-Azzam, Ikraman, S.Pd menjelaskan, peserta uji publik angkatan ke-2 tahun 2018 lebih banyak jika dibandingkan angkatan pertama.

Hal itu menurut Ikraman menunjukkan adanya peningkatan  kuantitas dan kualitas. Karena dengan semakin banyaknya murid SDIT Al-Azzam yang mengikuti  uji publik, maka semakin banyak pula yang telah menghafal juz 30.

Ikraman menjelaskan, metode uji publik ini dilakukan dengan memberikan tiga pertanyaan. Penguji membacakan potongan ayat pada juz 30 secara acak, kemudian peserta melanjutkannya. Bukan hanya itu, peserta ujian juga diminta untuk membaca ayat tertentu yang dipilih secara acak oleh penguji.

Selain  penguji, orang tua yang hadir juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dengan metode yang sama. Orang tua membacakan potongan ayat yang kemudian dilanjutkan oleh peserta.

Kegiatan uji publik yang dilakukan oleh SDIT Al-Azzam menjadi salah satu syarat sebelum murid di SD ini menyelesaikan studinya.

Peserta Uji Publik Foto Bersama Usai Pelaksanaan Kegiatan.

Bahkan untuk saat ini saja murid kelas 1 sudah ada yang menyelesaikan sampai surat At-Takwir dan sedang dilanjutkan ke surah surah lainnya.

“Saya kira target ini bisa dipenuhi karena berdasarkan pengalaman sudah menunjukkan hasil yang positif,” ujar Ustadzah Rosna, Guru Kelas 1A SDIT Al-Azzam.

Sebelumnya, SDIT Al Azzam pekan lalu melaksanakan kegiatan  Pesantren Kilat atau Semarak Ramadan 1439 Hijriah. Pembukaan Semarak Ramadan 1439 Hijriah  diawali  shalat Dhuha berjamaah yang dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Quran. [WAN]

Baca Juga :

No comments