Breaking News

Hasil Sortir KPU Kabupaten Bima Ada 14 Surat Suara Rusak dan 1.722 yang Lebih

Kegiatan Penyortiran Logistik di KPU Kabupaten Bima. Dok. Berita11.com


Bima, Berita11.com— Dari 183 dus yang berisi masing-masing 2.000 lembar kertas surat suara yang didrop oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTB untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Kabupaten Bima terdapat 14 lembar surat suara yang rusak. Selain itu, 1.722 lembar surat suara lebih.

Hal tersebut diketahui setelah petugas Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bima menyelesaikan penyortiran. Jumlah surat suara yang dikirim oleh KPU Provinsi NTB sebanyak 365.678 lembar, namun di dalam seluruh dus ternyata berisi 367.414 lembar.

Devisi Logistik KPU Kabupaten Bima, Drs Muhammad Taufik mengatakan, belasan kertas surat suara yang rusak dan ribuan yang lebih tidak akan dikembalikan kepada KPU Provinsi NTB maupun perusahaan percetakan. Karena sesuai hasil penghitungan pasca dilakukan penyortiran, kertas surat suara yang ada melebihi dari kebutuhan untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB tahun 2018 di wilayah Kabupaten Bima.

“Surat Suara yang lebih maupun yang rusak tidak akan kita kembalikan. Tetapi kita lakukan pemusnahan setelah seluruh barang (logistik) kita drop ke PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan),” ujar Taufik ketika dihubungi melalui sambungan Ponsel, Rabu (12/6/2018).

Belasan kertas surat suara Pilgub NTB yang rusak karena robek, kesalahan pencetakan dan ternoda karena tinta. Sesuai rencana KPU Kabupaten Bima, pendistribusian logistik Pilgub NTB tahun 2018 di wilayah Kabupaten Bima paling cepat H-3 sebelum masa pungut hitung 27 Juni 2018 mendatang. Pendistribusian akan dilakukan untuk wilayah-wilayah dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) tersulit seperti di sejumlah desa di Kecamatan Langgudu, Kecamatan Tambora dan Kecamatan Sape.

“Untuk proses penyortiran masih kita lakukan. Tapi kalau untuk formulir dan sampul itu sudah selesai. Kalau untuk surat suara kita lakukan pengepakan hari ini,” ujar Taufik.

Dijelaskan Taufik, sebelum dimusnahkan, ribuan kertas surat suara lebih dan belasan yang rusak bisa saja dititip di Polres Bima sebelum dimusnakan. “Nanti kita akan koordinasikan dengan Polres Bima dan Panwaslu. Saat pemusnahan akan dibuatkan berita acaranya,” ujarnya.

Sebagian Logistik belum Diterima KPU Kabupaten Bima

Sementara itu, diakui Taufik sebagian logistik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB tahun 2018 belum diterima KPU Kabupaten Bima dari KPU Provinsi NT seperti 692 alat bantu pemilih berkebutuhan khusus atau pemilih disabilitas. “Mungkin satu dua hari lagi peralatan itu sudah bisa kita terima,” katanya.

Di Kota Bima juga Terdapat Ribuan Kertas Surat Suara Lebih

Tidak hanya di Kabupaten Bima, kelebihan droping kertas surat suara juga terjadi di Kota Bima. ada ribuan suara suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB yang diketahui oleh KPU Kota Bima setelah proses penyortiran selesai. Hal tersebut Devisi Logistik KPU Kota Bima, Drs H M Saleh Abubakar, M.Si. [US/ Achmad]

No comments