Breaking News

KPU Kabupaten Bima Sebut Ada 2 Mantan Napi Daftar Bacaleg

Ilustrasi. Ist

Bima, Berita11.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menyebut terdapat paling sedikit dua orang mantan nara pidana (Napi) yang maju sebagai bakal calon legislatif 2019 di Kabupaten Bima. Hal tersebut diketahui setelah KPU melakukan verifikasi terhadap berkas yang telah didaftarkan partai politik.

Ketua KPU Kabupaten Bima, Yuddin Chandra Nan Arif SH MH, mengisyaratkan meskipun pihaknya baru mengetahui baru dua Bacaleg yang merupakan mantan Napi. KPU tetap menunggu masukan dari masyarakat dan melakukan penelitian terhadap informasi kemungkinan adanya Bacaleg mantan Napi tiga kategori seperti yang dilarang dalam Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018.

“Pada masa perbaikan pada tanggal sampai tanggal 31 Juli kami akan melakukan penelitian dan verifikasi itu 1-7 Agustus. Pada masa itulah kami akan meneliti betul-betul indikasi dan sebagainya jika ada kecurigaan dari kami langsung maupun tanggapan masyarakat kami akan melakukan klarifikasi langsung dengan instansi terkait dan juga Parpolnya,” kata Yuddin di Sekretariat KPU Kabupaten Bima di Palibelo, Senin (23/7/2018) lalu.

Yuddin memastikan dua Bacaleg mantan Napi yang diajukan Parpol kepada KPU bukan berkaitan kasus korupsi, bandar Narkoba maupun pelaku kejahatan seksual terhadap anak seperti yang diaturan dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2017 dan Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018.

“Calon anggota DPRD yang tidak bisa mencalonkan diri itu ada tiga pertama mantan narapidana kasus korupsi, bukan sekadar dalam bentuk persepsi kita tapi dalam bentuk keputusan pengadilan, bukan asumsi kita. Kemudian bandar Narkoba itu tidak boleh, itu berdasarkan putusan pengadilan, kemudian pelaku kejahatan seksual terhadap anak,” katanya.

Salah satu Bacaleg mantan Napi yang diajukan Parpol kepada KPU yaitu berasal dari Dapil 1 Kabupaten Bima. “Sejauh ini (mantan Napi) yang mendaftar kasus umum, identifikasi sementara kami ada sekitar dua orang, tidak masuk kategori kasus tersebut,” ujar Yuddin. [US/ Achmad]

No comments