Breaking News

Masyarakat Punya Kesempatan “Lirik” Daftar Bacaleg, Kalau Ada Mantan Koruptor Bisa Tanggapi

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Bima, Bukhari, S.Sos. Foto Achmad.

Kota Bima, Berita11.com— Setelah batas pendaftaran 17 Juli 2018 lalu, bakal calon legislatif memiliki waktu 10 hari untuk melengkapi dokumen pada 22-31 Juli 2018. Sesuai jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU) daftar nama Bacaleg yang telah mendaftar akan diumumkan kepada publik untuk dimintai tanggapan.

Ketua KPU Kota Bima, Bukhari, S.Sos mengatakan, pengumuman dan penerimaan tanggapan dari masyarakat dilakukan oleh KPU untuk mengetahui kemungkinan adanya Bacaleg yang terlibat kasus hukum.

“Misalnya yang mengaku tidak pernah dihukum penjara atau terlibat kasus korupsi, nanti masyarakat bisa memberikan tanggapan saat pengumuman nanti,” ujarnya di Sekretariat KPU Kota Bima di Jalan Gajah Mada, kemarin.

Sebelumnya, pada saat menjelang batas akhir pendaftaran Selasa (17/7/2018) siang sejumlah partai politik yang sudah mengajukan daftar bakal calon legislatifnya yaitu Partai Amanat Nasional (PAN), PBB, Partai Golkar, Partai Nasdem dan PKPI.

KPU Kota Bima sudah menerbitkan  tanda terima terhadap dokumen yang disampaikan sejumlah Parpol tersebut. Namun masih ada yang harus dilengkapi pada masa perbaikan. Sejumlah syarat yang sudah dilengkapi Parpol yaitu syarat perwakilan setiap daerah pemilihan atau dengan total minimal duta 25 orang serta keterwakilan perempuan 30 persen.

Sementara itu, Komisoner KPU Kabupaten Bima, Muhammad Waru SH MH menyebutkan, banyak Parpol yang mendaftarkan bakal Calegnya pada hari terakhir. Berkas pendaftaran dari Parpol tersebut langsung  diterima dan diproses. Kemudian diverifikasi hingga Rabu (18/7/2018).

Sejumlah Parpol yang mendaftar pada hari terakhir pendaftaran seperti Partai Keadilan Sejahtera dan PKB. [US/Achmad]

No comments