Breaking News

Menyikapi Terorisme, Khatib Shalat Jumat Masjid An Nur Bajo Ingatkan ini

Ilustrasi. Source



Bima, Berita11.com— Khatib shalat Jumat Masjid An Nur Dusun Nanga Lere Desa Bajo Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima, Ustadz Ahmad Ishaka mengingatkan umat Islam agar meneladani sikap dan cara berdakwah Rasulullah ShallAllahu ‘alaihi wassalam. Teladan utama yaitu sikap lemah lembut yang diajarkan Nabi Muhammad SAW termasuk dalam menghadapi kaum kafir.

Hal tersebut disampaikan Ustadz Ahmad Ishaka mengingat masih ada sebagian yang menganggap umat sebagai kafir dan menyikapi masalah terorisme yang muncul di Indonesia saat ini.

Ustadz Ahmad Ishaka mengutip Surah Al Ahzab 21 yang artinya sesungguhnya pada diri Rasulullah ada teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap Allah dan hari arkhir serta banyak berdzikir kepada Allah.

“Ini perlu diingat oleh kita menghadapi terorisme. Karena masih ada yang mudah menganggap saudara kita sebagai kafir,” katanya.

Menurut Ahmad, sikap teladan dari Rasulullah ditunjukkan saat peran melawan kaum kafir qurais, di mana Rasulullah tidak mudah menghunuskan pedangnya. Sikap lemah lembut yang sama juga ditunjukkan ketika ada seseorang dari kelompok qurais yang ingin menghunuskan pedang kepada beliau. Rasulullah malah menanyakan  kepada kaum qurais tersebut kepada siapa engkau akan kembali kelak? Pastilah kepada Allah SWT. Sikap lemah lembut tersebut justru membuat seseorang dari kaum qurais tersebut mengucapkan kalimat syahadat tauhid.

Sesuai teladan dari Rasulullah sikap yang ditunjukkan yaitu menghadapi dengan perkataan yang lemah lembut, mendoakan dan berembuk (bermusyawarah) bersama serta menunjukkan sikap sebagai pemaaf. Sikap itu juga terlihat saat Rasulullah ke Madinah saat tahap-tahap pertama berdakwah di daerah tersebut sehingga bisa  diterima oleh masyarakat Madinah.

“Sikap lemah lembut juga harus kita tunjukkan saat berinteraksi atau mengingatkan saudara kita ataupun masyarakat. ” katanya.

Cara-cara lemah lembut justru akan membuat seseorang akan bersimpati dan merupakan metode dakwah yang efektif. [US]

No comments