Breaking News

Panwaslu Kota Bima Persilakan Paslon Ajukan PHPU

Suasana Kegiatan Penghitungan di salah satu TPS di Kelurahan Melayu Kecamatan Asakota Kota Bima. Foto US.

Kota Bima, Berita11.com— Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Bima menyilakan para tim sukses (Timses) maupun pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang merasa tidak puas dengan pelaksanaan Pilkada Kota Bima untuk mengajukan gugatan atau perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) jika merasa pelaksanaan pemilihan kemarin penuh kecurangan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Panwaslu Kota Bima, Sukarman SH menanggapi rencana tim Subhan Wahyudin (SW Mataho) yang sebelumnya menyatakan akan mengajukan keberatan atau gugatan PHPU dan masalah etik penyelenggara kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“Kalau ada tim atau Paslon yang mau melapor, silahkan saja melaporkan. Kami tidak akan menghalang-halangi. Kalau menurut mereka ada pelanggaran silahkan saja lapor, kita siap kok,” kata Sukarman di Sekretariat Panwaslu Kota Bima, usai pungut hitung di Kota Bima.

Menurutnya, Panwaslu Kota Bima sudah berupaya bekerja maksimal mengawal pelaksanaan kampanye maupun segala tahapan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima tahun 2018.  Termasuk memproses berbagai pelanggaran selama tahapan kampanye. 
“Untuk selama pencoblosan kami belum menemukan pelanggaran. Laporannya belum ada yang masuk. Selama ini kita sudah bekerja,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Tim SW Mataho, Kurniawan, S.Sos mengisyaratkan akan mengajukan gugatan dan akan menyampaikan keberatan kepada DKPP. Beberapa pertimbangan SW Mataho yaitu adanya pelanggara selama tahapan kampanye termasuk saat puasa atau menjelang masa pencoblosan.

“Kami memiliki banyak bukti terhadap pelanggaran setiap tahapan. Termasuk money politics sudah kami kumpulkan, sudah kami simpan rapi rekaman-rekaman bukti-buktinya,” katanya.

Disebutkannya, salah satu yang menjadi materi keberatan pihaknya termasuk masalah 200 syarat dukungan di Kelurahan Dara Kecamatan Rasanae Barat.

Seperti diketahui sebelumnya, untuk mengajukan PHPU terdapat beberapa syarat, di antaranya selisih suara yang tidak terlalu jauh antar Paslon.  [US/ N]

No comments