Breaking News

Pasca 17 Agustus Kelompok Gerakan Ganti Presiden akan Laksanakan Deklarasi Akbar di Kabupaten Bima

Ilustrasi. Istimewah.


Bima, Berita11.com— Pasca 17 Agustus 2018 beberapa pekan mendatang akan ada elemen masyarakat yang akan melaksanakan deklarasi akbar gerakan ganti presiden di wilayah Kabupaten Bima. rencana tersebut sudah disampaikan kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bima.

Bakesbangpol Kabupaten Bima menganggap gerakan #2019gantipresiden maupun rencana deklarasi akbar serta gerakan kelompok lain pro Jokowi merupakan hak konstitusioanal yang tidak melanggar ketentuan. Hanya saja Bakesbangpol mengantipasi kemungkinan-kemungkinan potensi bentrokan yang mengarah pada situasi gangguan keamanan  daerah dan perkembangan politik nasional.

“Dalam wktu dekat ada teman-teman juga yang menyampaikan kepada kami  rencana deklarasi gerakan 2019 ganti presiden itu. Kami tetap berikan keseimbangan kedua kelompok ini. Rencanya setelah 17 Agustus nanti,” ujar Kepala Bidang Pengkajian Strategis dan Penanganan Konflik Bakesbangpol Kabupaten Bima, Irfan HM Noer, S.Sos.

Dikatakan Irfan, pihaknya sudah mengidentifikasi kelompok-kelompok gerakan ganti presiden dan Projo di wilayah Kabupaten Bima. “Kami intens mengidentifikasi kelompok-kelompok itu. Kami memberikan imbauan dan pemahaman agar tidak terjadinya hal-hal yang mengarah pada konflik, kelompok itu sendiri. Karena ini menyangkut agenda nasional yang wajib kita amankan bersama,” katanya.

Menurutnya, siapapun yang terpilihsebagai presiden dan wakil presiden Indonesia pada 2019 mendatang itu adalah pemimpin bersama. “Itu hak konstitusional rakyat, itu adalah pilhan masyarakat,” katanya.

Sebelumnya, kelompok Projo yang dikoordinir oleh Gema Nusra yang sebagian banyak merupakan aktivisi HMI melaksanakan deklarasi dukungan terhadap Joko Widodo dan Chairul Tanjung sebagai Capres dan Cawapres 2019. Delarasi dilaksanakan di Cafe Tepi Langit Desa Panda Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima, Senin (23/7/2018) lalu. [US/Achmad]


No comments