Breaking News

Soal Capres dan Gerakan 2019 Ganti Presiden, ini Sikap HMI Bima

Ketua Umum Himpuanan Mahasiswa Islam Cabang Bima, Fitriani. Ist


Kota Bima, Berita11.com— Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bima akan bersikap netral dan independen pada pemilihan presiden (Pilpres) RI tahun 2019 mendatang. Sikap tersebut juga berlaku untuk gerakan taggar 2019 ganti presiden yang disuarakan hingga daerah seperti di Bima.

Ketua Umum HMI Cabang Bima, Fitriani mengatakan, berkaitan dengan #2019gantipresiden pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada rakyat Indonesia termasuk di Bima untuk menilai petahana maupun Capres lain. “Tergantung masyarakat yang menilai bagaimana kelayakannya,” ujarnya saat dihubungi melalui Ponsel, Jumat (27/7/2018) lalu.

Diungkapkan Fitriani, hingga saat ini belum ada insturksi dari Pengurus Besar HMI yang diterima pengurus cabang untuk melaksanakan konsolidasi maupun membuat gerakan #2019gantipresiden.

HMI Cabang Bima menganggap gerakan dukungan kepada petahana maupun sebaliknya taggar2019gantipresiden merupakan hak konstitusional rakyat. Pada prinsipnya HMI berdiri independen memantau dan mengawal proses demokrasi di Indonesia termasuk di daerah.

Posisi HMI berada di tengah. Namun jika ada masalah demokrasi yang perlu diatasi atau diadvokasi maka itu yang akan dilakukan. Selama proses demokrasi itu berdiri tegak sebagaimana mestinya maka HMI punya kewajiban mengawal sebagai pilar bangsa,” kata Fitriani. [Achmad/ US]

No comments