Breaking News

50 Warga Kota Bima Peroleh Pendanaan Pelatihan Berbasis Masyarakat

Kadisnaker Kota Bima dan Asisten II Setda Kota Bima Foto Bersama Perwakilan Peserta.


Kota Bima, Berita11.com—  Sebanyak 50 warga Kota Bima mendapatkan fasilitas pendukung dan pendanaan pelatihan berbasis masyarakat, program peningkatan kesempatan kerja melalui tenaga kerja mandiri dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bima.  Pemberian fasilitas dan pelatihan tersebut dilaksanakan di SMKN 3 Kota Bima, Senin (27/8/2018).

Kegiatan pelatihan dalam bentuk pendanaan pelatihan berbasis masyarakat dilaksanakan selama empat hari,  27-30 Agustus 2018. Program ini bertujuan sebagai upaya pemberdayaan pengangguran, korban pemutusan hubungan kerja, tenaga kerja muda dan keluarga miskin untuk menjadi wirausaha baru melalui pelatihan kewirausahaan dan keterampilan serta pemberian bantuan sarana usaha.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bima Drs. Jufri, M.Si, menyebut peserta kegiatan 50 orang yang dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 25 orang mengikuti praktik pengecatan kendaraan, dan kelompok 2 berjumlah 25 orang  mengikuti praktik pangkas rambut.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bima, Drs Jufri, M.Si Menyerahkan Bantuan Perlatan kepada Peserta.

Kegiatan dilaksanakan selama empat hari sejak tanggal 27 Agustus sampai dengan 30 Agustus 2018,” ujarnya.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Bima
, Dr Ir H Syamsuddin MS, menjelaskan bahwa berbagai upaya terus dilakukan untuk menekan angka pengangguran melalui program-program dan kegiatan. Salah satunya adalah dengan mengadakan kegiatan praktik pelatihan pengecatan kendaraan dan pangkas rambut.

Kegiatan ini juga sejalan dengan visi misi Wali Kota Bima terpilih yakni menciptakan 10.000 lapangan pekerjaan,” ujarnya.

mantan Kepala Bappeda Kota Bima ini berharap kegiatan memiliki output yang mampu menciptakan kemampuan, keterampilan dan keahlian serta kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja sehingga dengan begitu para peserta bisa mendapatkan pekerjaan bahkan bisa membuka lowongan kerja untuk orang lain.

Pada akhir pembukaan kegiatan  pemerintah memberikan bantuan peralatan pengecatan kendaraan dan peralatan pangkas rambut untuk peserta yang diserahkan secara simbolis kepada dua peserta pelatihan oleh Asisten II Setda Kota Bima. [AN]

No comments