Breaking News

BKIPM Bima Ingatkan Dampak Sampah Laut Terhadap Kesehatan Manusia

Kepala BKIPM Bima, Ridwan. Foto US Berita11.com

Bima, Berita11.com— Badan Karantina Ikan, Pengendali Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Bima mengingatkan dampak negatif yang ditimbulkan akibat masifnya sampah laut yang dapat mengancam kesehatan manusia.

Kepala BKIPM Bima, Ridwan menjelaskan, saat ini persoalan sampah pantai bukan lagi sekadar atensi nasional. Namun sudah menjadi persoalan internasional. Untuk itu masyarakat diharapkan memiliki perhatian terhadap masalah tersebut. karena efek yang ditimbulkan masyarakat secara global terutama yang mengonsumsi ikan laut.

Dikatakannya, sampah-sampah plastik yang dibuang ke laut dan umumnya mengotori pantai jika terurai akan menjadi mikro plastik yang akan dimakan oleh ikan-ikan. Sampah plastik tersebut kemudian akan tereduksi dalam tubuh ikan kemudian dikonsumsi manusia sehingga otomatis akan menjadi penyebab penyakit pada manusia.

“Memang kebersihan pantai ini menjadi sangat penting di lain sisi pemerintah Republik Indonesia mengharapkan pantai ini menjadi betul-betul bisa menjadi pemasukan bagi daerah sehingga penting pantai itu betul-betul bersih dari kotoran sehingga dapat menarik perhatian wisata, ikan yang dikonsumsi juga terbebas dari sampah plastik,” ujarnya saat acara Pandu Laut di Pantai Kalaki. [US]  


No comments