Breaking News

Bupati KLU Pastikan Tiga Gili Sudah Pulih dan Aman untuk Wisatawan


Bupati KLU H Najmul Akhyar saat berbincang dengan salahseorang pengusaha WNA di Gili Trawangan.

Tanjung, Berita11.com— Beberapa waktu lalu tiga gili meliputi Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili dan Air Desa Gili Indah Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara (KLU) tak luput dari goncangan gempa bumi berkekuatan 7,0 Skala Richter. Namun kini kondisnya sudah pulih dan aman untuk wisatawan.

Hal tersebut dipastikan Bupati KLU Dr. H. Najmul Akhyar, saat berkunjung ke tiga pulau andalan pendapatan daerah Lombok Utara, Rabu (15/8/2018).

Tiga gili yang menjadi  andalan utama pendapatan daerah Lombok Utara tersebut lumpuh total. Namun, kerusakan yang diakibatkan gempa bumi tidak semasif yang ada di daratan. Sekitar 10 bangunan industri pariwisata di tiga gili mengalami kerusakan ringan.

Bupati bersama unsur TNI dan Polri serta jajaran pejabat pemerintahan dalam kunjungannya mengatakan kerusakan infrastruktur yang ada di tiga gili tidak separah kerusakan yang ada di daratan. “Hanya sekitar 10 persen saja, artinya masih banyak bangunan yang bisa di manfaatkan,” katanya.

Menurut Najmul, untuk membangkitkan kembali sektor pariwsata  di Lombok Utara merupakan pekerjaan yang memang tidak mudah. Namun tidak terlalu banyak kesulitan yang dihadapi. Hal  penting saat ini bagaimana cara menyampaikan kepada wisatawan maupun masyarakat bahwa kondisi di tiga gili sudah sangat aman. 

“Kenyamanan seperti biasa dan sangat aman. Tidak perlu kawatir adanya kejahatan yang biasa terjadi paska bencana alam karena sudah banyak aparat yang ditugaskan menjaga tiga gili,” ujarnya.

Dijelaskannya, 19 Agustus 2018  pihaknya akan mendatangkan wisatawan, bekerjasama dengan perusahaan tranportasi wisatawan seperti Eka Jaya dan para pelaku wisata sekaligus  mendeklarasikan bahwa pulau wisata tiga gili sudah pulih paska bencana. Demikian juga untuk  destinasi wisata yang ada di daratan.

“Saya berharap kepada masyarakat khususnya tiga gili untuk tidak terus-terusan larut dalam kesedihan. Mari kita bangkit kembali membangun sektor pariwisata kita ke depan. Kita ingin tiga gili kembali normal, karena kita tahu bahwa tiga gili adalah merupakan sektor terpenting dari roda perekonomian kita di Lombok Utara,” terangnya.

Najmul mengisyaratkan, pihaknya akan meminta Kepala Dinas Pariwisata segera menggelar rapat bersama dengan semua pelaku wisata di tiga gili. “Kita ingin memulihkan bersama image tiga gili ini paska bencana gempa yang terjadi dan menimpa Lombok pada umumnya dan Lombok Utara pada khusunya,”imbuhnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, kondisi tiga gili bisa pulih dengan kerjasama semua pihak terlebih para pelaku wisata.

“Saya yakin wisatawan akan datang kembali ke tiga gili. Bahkan akan menjadi daya tarik tersendiri ketika rasa keingintahuan wisatawan yang ingin mengetahui kondisi tiga gili paska becana gempa terjadi,” katanya.

Sementara itu, salah seorang pemilik usaha di tiga gili, Matteu kepada bupati mengaku siap membangkitkan kembali pariwisata di tiga gili. Namun, untuk tahap awal ini pihaknya akan memulihkan bangunan yang mengalami kerusakan.

“Dalam waktu dekat kita akan kembali mempromosikan dan memastikan tiga gili sudah normal kembali,” isyaratnya. [RD]




No comments