Breaking News

Harga Besi Melejit di Kota Bima hingga Rp20 Ribu, Imbas Rupiah Melemah?

Ilustrasi/ Foto Ist


Kota Bima, Berita11.com— Sepekan terakhir harga besi untuk konstruksi bangunan dan kebutuhan lain di Kota Bima naik drastis. Bahkan besi ukuran 14x12 m naik hingga Rp20.000. Demikian juga untuk ukuran lain meskipun tak bergerak melampui harga tersebut.

Hal tersebut berdasarkan hasil survei pasar yang dilakukan petugas Dinas Perdagangan,  Perindustrian, dan Perdagangan Kota Bima.

Kepala Seksi Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Diskoperindag Kota Bima, Muhammad Idrus ST menyebut, harga besi konstruksi dan kebutuhan lain tak hanya naik di Kota Bima. namun juga di sejumlah daerah lain di Indonesia.

Sebelumnya berdasarkan hasil survei pasar atau survei perkembangan harga sembilan bahan pokok, barang penting, strategis dan komoditi ekspor di Kota Bima pada Senin (6/8/2018), harga besi ukuran 14x12 m masih Rp155 ribu per batang, namun beberapa hari kemudian pada Kamis (8/8/2018) mulai naik menjadi Rp175 ribu per batang, sehingga terjadi selisih kenaikan hingga Rp20 ribu.

Selain besi ukuran 14x12 m, seluruh ukuran lain juga mengalami kenaikan yaitu ukuran 16x12 m naik menjadi Rp195 ribu dari sebelumnya Rp180 ribu per batang sehingga terjadi selisih harga naik Rp15.000. Sementara ukuran lain 6x12 m naik menjadi Rp30 ribu per batang dari sebelumnya Rp28 ribu, demikian juga ukuran 8x12 m, ukuran 10x12 m, dan ukuran 12x12 m naik antara Rp3.000 hingga Rp5.000.

Muhammad Idrus tak mengetahui detail penyebab kenaikan bahan bangunan tersebut. Namun sejak awal  Kemenperin Republik Indonesia memprediksi harga besi dan baja akan naik menyusul masih lemahnya nilai tukar rupiah terhada dolar AS.

Seperti diketahui sebelumnya, harga sejumlah Sembako, barang strategis dan komoditi ekspor juga bergerak naik pasca gempa Lombok seiring kebutuhan terhadap berbagai jenis barang meningkat.

Selain besi, sejumlah barang dan kebutuhan lain yang naik yaitu bawang merah dan bawang putih lokal serta tepung terigu dengan kenaikan hingga Rp2.000. Dua pekan sebelumnya harga daging ayam di Kota Bima juga naik, demikian juga harga telur. [US]

No comments