Breaking News

IKA Unram Salurkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Gempa Lombok

Pengurus Ikatan Alumnji Universitas Mataram saat Menyalurkan Bantuan untuk Korban Gempa Lombok.


Mataram, Berita11.com— Sebagai wujud pengamalan nilai-nilai  tri darma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat, Pengurus Pusat  Ikatan Alumni Universitas Mataram (PP IKA Unram) berserta IKA Unram Jawa Timur dan Himpunan Alumni Perguruan Tinggi Negeri (Himpuni) mengadakan bhakti sosial dan pemberian sumbangan kepada korban gempa puluhan titik di Lombok Larat maupun Kabupaten Lombok Utara (KLU) sejak Sabtu (11/8/2018).

Ketiga lembaga tersebut mendatangi para korban gempa guna menyerahkan sejumlah sumbangan seperti biskuit, terpal, susu bayi, pempers, pembalut wanita, nasi bungkus  dan jenis lain. Hingga  Jumat (17/8/2018), IKA Unram sudah menyerahkan donasi untuk korban gempa di 25 titik baik di Lombok Barat maupun KLU.

Sekretaris Umum PP IKA Unram, Drs Cukup Wibowo MM.Pd mengatakan bhakti sosial yang dilakukan IKA Unram sebagai wujud kepedulian dan keprihatinan atas tragedi kemanusiaan yang menimpa warga Lombok umumnya dan masyarakat Lombok Utara pada khususnya. Dampak maupun ekskalasi yang ditimbulkan bencana gempa tersebut begitu dahsyat dan menggetarkan. 

“Sebagai wujud keprihatinan bersama, PP IKA Unram akan tetap menggalang bantuan kemanusiaan untuk warga Lombok yang terdampak,” ujar Cukup Wibowo sela-sela menyerahkan paket bantuan gempa di Desa Sesela kecamatan Gunung Sari, Kamis 
(16/8/2018).

Cukup menambahkan hingga saat ini IKA Unram setiap hari akan menyerahkan bantuan korban gempa ketitik,-titik pengungsi yang luput dari donasi pihak lain. IKA Unram pun menyadari karena luasnya wilayah kerusakan daerah  gempa tidak mudah menyalurkan bantuan kemanusiaan.

“Di sinilah peran penting relawan kemanusiaan memback-up sisi yang belum dijamah oleh bantuan pemerintah daerah ,” ujarnya.

Diakui Cukup bahwa IKA Unram tidak mungkin bisa mengcover semua kebutuhan hidup para pengungsi.  Meskipun demikian, IKA Unram akan tetap konsisten dan peduli terhadap penderitaan korban gempa.

“Insya Allah IKA Unram akan tetap menyalurkan bantuan ini secara adil,” tukasnya.

Donasi Himpuni dan IKA Unram Jatim

Sementara itu Bendahara Umum PP IKA Unram Nasiva menginfokan hingga saat ini pihaknya sudah membelanjakan bantuan korban gempa dalam bentuk barang dan makanan hampir Rp30 juta yang bersumber dari kas PP IKA Unram Himpuni dan IKA Unram Jatim.

“Pendek kata pengurus IKA Unram akan tetap mendistribusikan bantuan gempa ini dalam tempo yang tidak ditentukan,” tambah Nasiva.


Diapun menambahkan IKA Unram di bawah komando Ketua Umum PP IKA Unram,  Sirra Prayuna kelak apa yang sudah dilakukan IKA Unram ini bisa menjadi penyemangat organisasi alumni lain untuk bergerak meringankan derita warga KLU.

“IKA Unram mendorong para donatur lainnya membantu sesama yang tertimpa musibah ini agar bisa segera pulih kehidupannya,” imbuhnya.

Sementara itu pengurus PP IKA Unram lain seperti Amri Nuryadi, Lahmudin maupun Lalu Athari Fathullah mengimbau agar para pedagang tidak menaikkan harga untuk kebutuhan para pengungsi seperti terpal, tenda ataupun makanan.

“Kami menemukan indikasi ada kenaikkan harga barang yang tidak wajar,” ujar Amri Nuryadi yang juga seorang lawyer muda.

Untuk itu IKA Unram, lanjut Lahmudin mengajak para pedagang untuk berempati terhadap bencana ini dengan cara tidak menaikkan harga barang kebutuhan untuk pengungsi secara sepihak.

“Masyarakat pasti akan mencatat setiap perilaku pedagang yang ambil untung tidak wajar saat bencana,” pungkasnya. [RD]

No comments