Breaking News

Momen 17 Agustus, Berita11.com Luncurkan Tujuh Detik dan Big Data Analytics

Redaksi Berita11.com

Kota Bima, Berita11.com—  Pada momentum 17 Agustus 2018, Berita11.com akan meluncurkan sebuah laman berita baru www.tujuhdetik.com dan Big Data Analytics (Pusat Data dan Analisis). Peluncuran akan dilaksanakan secara sederhana oleh kru Berita11.com.

Editor in Chief Berita11.com, Fachrunnas menjelaskan, peluncuran www.tujuhdetik.com diharapkan menjadi bagian dari spirit kemerdekaan bangsa dalam menghadirkan informasi bermutu, cepat dan akurat melalui media daring.

“Ini melengkapi sejumlah platform yang dimiliki Berita11.com sebelumnya. Kalau sesuai namanya kami memiliki mimpi bisa menghadirkan informasi yang real time tanpa mengabaikan aspek akurasi. Sementara berita11.com kami arahkan untuk berita-berita lengkap dalam mendalam,” katanya di Redaksi Berita11.com, Sabtu (11/8/2018).

Mantan redaktur koran harian di Bima ini menyebutkan, Berita11.com group memiliki sejumlah portal berita yang disesuaikan kebutuhan pembaca seperti travel untuk informasi-informasi dan berita pariwisata, kiprah portal berita yang menyuguhkan tentang prestasi dan profil, carujar, beritabima dan yang terbaru www.tujuhdetik.com  menyuguhkan konten cepat, tak terbatas pada hardnews, namun dikembangkan dalam topik-topik segar seperti humor dan teknlogi, dan life style serta hasil analisis.

“Dengan kian menjamurnya media lokal terutama platform online terlepas soal akurasi informasi dan kelayakan, kami berpikir ini adalah era persaingan dibutuhkan berbagai inovasi. Salah satunya bentuk konten yang disuguhkan. Pada era informasi berkembang seperti saat ini semua dibaca oleh masyarakat terlepas apakah itu hoaks atau bukan. Tapi ekpektasi kami menyuguhkan informasi yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan,” ujar pria yang merupakan alumnus Teknologi Pertambangan dan sejumlah Program Studi lain ini.

Fachrunnas optimis dengan angka pengakses internet yang terus bergerak naik, maka pembaca media online terus bergerak sejalan. Sesuai data we are social, hingga Januari 2017 dari 262 juta total penduduk di Indonesia, 132, 7 merupakan pengguna aktif internet, 106 juta aktif menggunakan sosial media, 92 juta pengguna aktif media sosial melalui platform mobile.  Sementara statistik pengguna internet di Indonesia berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) juga menunjukkan pergerakan yang sama.

“Kami pernah membantu kawan dari perusahaan komunikasi yang melakukan riset tentang 
pembaca media cetak dan online dan jenis lain seperti radio dan tv di wilayah Bima dan Dompu. Dari hasil wawancara dengan para pemilik dan pemimpin perusahaan hasil riset itu diperoleh data bahwa pembaca media online jauh di atas media cetak. Rata-rata untuk oplah media cetak di bawah 1.000,” ujar pria yang pernah terlibat sebagai tenaga lead surveyor dan quility control proyek PT Surveyor Indonesia (Persero) dan sebagai analisis/ surveyor proyek Badan Informasi Geospasial ini.

Kendati perkembangan perusahaan media di Bima dan Dompu umumnya tidak seperti sektor lain pria 34 tahun ini optimis bisa lebih lebih baik pada masa mendatang.

“Jika Anda berpikir mengembangkan media di daerah kecil seperti Bima dan Dompu atau NTB pada umumnya adalah hal yang gampang itu adalah keliru. Butuh proses dan keuletan apalagi di tengah apatisnya orang terhadap pengembangan media sehingga pengembangan kami ke depan adalah sumber pendapatan dari mitra publikasi yang dihitung dari CTR. Pembaca media online banyak, banyak informasi yang bersebaran di Medsos, namun jangan berpikir gampang memperoleh feed back sebagai publishing,” katanya.

Menurutnya pengakses internet khususnya pembaca media online tak hanya generasi 
milenial, namun juga di atas kelompok umur itu.

Bangun Big Data Analitics

Sementara Big Data Analitics yang dibangun Berita11.com diarahkan mengumpulkan informasi-informasi serta data-data mendalam yang selanjutnya akan dianalisa dan disampaikan sebagai bahan rekomendasi kepada pihak-pihak berkaitan. Data-data itu khususnya berkaitan informasi lokal mulai dari politik, sosbud, ekonomi, inovasi, pendidikan, keamanan dan tak terbatas pada sektor tertentu.

“Kami sudah melakukan pembicaraan dengan kawan-kawan yang sejalan dan mitra yang memungkinkan. Nanti ada dari berbagai alumnus atau disiplin ilmu, teknik, pertanian, ekonomi, hukum, pendidikan, peternakan, sains, komunikasi, geologi, matematika dan lain-lain. Kita ngumpul bareng untuk satu tujuan bersama. Ada juga beberapa teman sebagai volunter,” ujar Fachrunnas.

Menurutnya, Big Data Aniltics dihadirkan melihat fenomena bahwa ada beberapa kebijakan lokal yang diambil pemerintah terkadang tidak didasarkan data. Ini lebih diarahkan untuk daerah agar lebih baik pada masa mendatang.

“Mungkin kita akan melaksanakan riset-riset kecil kemudian data itu akan dianalisa, semaca indept report lah kalau di media istilahnya. Kemudian akan kami tampilkan dalam bentuk info grafis dan output dari analisis kemudian kita sampaikan dalam bentuk rekomendasi,” katanya.

Sementara itu, Direktur PT Sebelas Cyber Media, Ayu Novitasari, S.I.Kom optimis www.berita11.com dapat semakin berkembang meskipun tak secepatnya media-media besar lainnya.

“Kami harus optimis, bertepatan dengan momentum dan spirit 17 Agustus kami ingin meluncurkan www.tujuhdetik.com dan Big Data Analitics. Kami mempelajari kekurangan-kekurangan selama ini,” katanya. [AD/ RD]

No comments