Breaking News

Pasca Suntik MR, Dikes Pastikan tak Ada KIPI di Kota Bima

Ilustrasi. Ist

Kota Bima, Berita11.com— Sejak peluncuran vaksin Measles Rubella (MR) Senin (6/8/2018) lalu, Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima belum menerima keluhan atau kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).
Kepala Seksi Imunisasi, Surveilans dan Kesehatan Bencana Dikes Kota Bima, Anna Tahfidziyah SST menyebutkan, secara nasional dari 17 juta orang yang divaksi ada 17 orang di antaranya yang merupakan tersangka KIPI. Namun setelah investigasi oleh Kemenkes dipastikan tidak .
Salah satu penyebab masalah pasca imunisasi MR yaitu kecemasan dan faktor tidak sarapan sebelum vaksin.
“Setelah dilakukan investigasi semua koinsiden.  Jadi MR ini adalah vaksin yang bagus. Itu karena takut dan cemas, biasanya karena nggak sarapan. Semua sekolah yang akan divaksin kami tekankan agar siswanya sarapan pagi dan tidak aktivitas olahraga pada hari itu untuk mencegah KIPI,” katanya di Dikes Kota Bima, Selasa (7/8/2018).
Sesuai target Dikes Kota Bima sasaran kampanye vaksin MR sebanyak 226 sekolah. Sementara jumlah pelajar 33.422 orang. Sasaran peserta vaksin MR di luar usia sekolah sebanyak 11.311 anak yang akan dilaksanakan di 162 Posyandu, sehingga total sasaran vaksinasi MR di Kota Bima 44.733 orang. [US]

No comments