Breaking News

Pemkab Bima Luncurkan Kawasan Tanpa Rokok, 139.158 Anak Diimuniasi MR

Asisten III Setda Kabupaten Bima Memukul Gong Menandai Peluncuran Vaksin MR dan Kawasan Tanpa Rokok.

Bima, Berita11.com— Pencanangan Imunisasi Measles Rubella (MR)  anak umur 9 bulan sampai 15 tahun dirangkaikan peluncuran Kawasan Tanpa Rokok (KTR) bagi kantor perangkat daerah, instansi kesehatan dan instansi pendidikan tingkat Kabupaten Bima berlangsung di SDN 01 Sila Kecamatan Bolo, Jumat (10/8/2018).

Sesuai data Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima, jumlah anak yang menjadi sasaran vaksinasi MR di Kabupaten Bima 139.158 orang.

Pada pencanangan yang diikuti para kepala sekolah, pendidik dan murid SD se-Kecamatan Bolo tersebut Bupati Bima yang diwakili Asisten  III Setda  Kabupaten Bima H Makruf SE dalam sambutannya mengatakan pemberian imunisasi MR ini ditujukan untuk mengendalikan penyakit campak dan rubella.

Makruf menjelaskan upaya tersebut ditujukan melindungi anak dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, penglihatan,  kelainan jantung dan keterbelakangan mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan.

Makruf yang didampingi  pelaksana tugas Kepala Dikes Kabupaten Bima dr H Ganis Kristanto dan Camat Bolo Dra Mariana  menjelaskan  imunisasi measles rubella di Kabupaten Bima dilaksanakan dalam dua tahap yaitu  Agustus hingga September 2018 dengan target cakupan mencapai 95 persen.

“Target ini dimaksudkan agar eliminasi campak dan pengendalian rubella dapat terwujud pada tahun 2020,” katanya dikutip Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kabupaten Bima, Suryadin, M.Si

Ia berharap pencanangan imunisasi MR  pada masa yang akan datang akan dapat menurunkan angka penyakit campak. Selain itu  mewujudkan anak yang sehat, cerdas dan pintar sebagai harapan generasi penerus bangsa.

Sebelumnya,  Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima dr Ganis Kristanto dalam laporannya mengatakan target imunisasi campak dan rubella tahun ini di Kabupaten Bima  95 persen atau 139.158 orang.

Ganis menyebut, dari total target itu 22 persen sudah divaksin.  Pada Agustus 2018 sasaran vaksinasi MR yaitu sekolah dan madrasah ,  sedangkan  di luar umur anak sekolah akan dilaksanakan pada September 2018.

Pencanangan imunisasi campak dan rubella di Kabupaten Bima ditandai pemukulan gong dan pelepasan balon oleh Asisten  III Setda Kabupaten Bima serta imunisasi secara simbolis terhadap 3 murid oleh para tenaga medis yang telah disiapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bima. [AN]

No comments