Breaking News

Perkuat Kemitraan Eksternal, BKIPM Bima Gelar Pelatihan Jurnalistik


Suasana Pelatihan Jurnalistik untuk Pegawai Stasiun Karantina Ikan (BKIPM) Bima, Jumat (31/8/2018). Dok BKIPM.

Bima, Berita11.com— Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Bima menggelar pelatihan jurnalistik untuk pegawai setempat, Jumat (31/8/2018). Kegiatan bertujuan memperkuat fungsi publikasi dan kemitraan dengan media eksternal.

Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Bima, Ridwan, S.St.Pi berharap pelatihan jurnalistik mengasah kemampuan menulis para pegawai setempat sehingga dapat menghasilkan produk jurnalistik maupun press release.

“Sekarang eranya berbeda, lebih terbuka. Sesuai yang diharapkan (pemerintah) pusat kita juga mempublikasikan kegiatan sehingga perlu meningkatkan kemampuan menulis,” ujarnya saat membuka pelatihan jurnalistik yang digelar di aula kantor setempat.

Selain menjalin kemitraan dengan media, Ridwan mengisyaratkan, pihaknya akan mengoptimalkan pemanfaatan website internal BKIPM sebagai sarana publikasi kegiatan kantor setempat. Harapannya, program dan kegiatan Kementerian Kelautan dan Perikanan hingga daerah dapat diketahui luas masyarakat.

“Sebanarnya ini sudah lama kita ingin melaksanakan kegiatan ini dan baru hari ini terlaksana,” ujarnya.

Kepala Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Menyampaikan Sambutan.

Materi pelatihan jurnalistik dan teknik penyuntingan naskah/ berita dipaparkan Editor in Chief Berita11.com, Fachrunnas.

Sejumlah materi yang disampaikan tentang materi jurnalistik dasar seperti teknik reportase meliputi teknik wawancara, teknik menulis berita dan teknik menyunting naskah. Penggunaan kata baku, termasuk kiat-kiat bagian Humas instansi pemerintah membangun kemitraan dengan media serta menyiapkan produk Humas berbentuk press release yang layak untuk dimuat di media massa.

Tak hanya satu arah, pelatihan jurnalistik juga diisi sesi tanya jawab berkaitan materi yang dipaparkan.

Pada akhir pelatihan, para peserta dibimbing langsung teknik menulis berita berdasarkan bahan yang telah disiapkan pemateri atau menyunting bahan berita yang telah diacak sesuai teknik penulisan straight news (hard news).  [RD]

No comments